DX LISTENING DIGEST 10-14, April 8, 2010

** JERMAN. STRATEGI DAN DATA PENDENGAR DEUTSCHE WELLE

Deutsche Welle telah mengumumkan rencananya untuk masa 2010…2013 dan review performancenya di
http://www.dw-world.de/dw/article/0,,5381479,00.html

Beberapa catatan dari artikel tersebut:

DW melihat perlunya tambahan budget dari 304 juta Euro menjadi 325 juta Euro pada tahun 2013, alternatifnya pengurangan layanan akan tidak bisa dihindari. Mereka memerlukan lebih banyak kerjasama dengan brodkaster domestik Jerman di masa depan.

Audiens yang menjadi target adalah “para pencari informasi”, termasuk tetapi tidak terbatas pada para multiplikator [?].

Orang-orang Jerman di perantauan tidak lagi menjadi target, kecuali memberi layanan informasi di wilayah di mana infrastruktur untuk akses ke media domestik Jerman kurang. Dalam hal ini DW merujuk pada statement dari institut Hans Bredow yang secara eksplisit memberi support penarikan dari urusan ini.

Seperti sudah dimaklumi, layanan bahasa Arab telah dicabut dari shortwave sebagai pengganti rebrodkas oleh RMC Doualiya. Meninggalkan shortwave juga sudah direncanakan untuk negara-negara Asia yang sulit untuk dipertahankan lebih lanjut. Pengecualian untuk China dan Iran di mana “hanya sedikit saja bisa diharapkan pemanfaatan program radio di shortwave”.

DW-TV saat inipun juga telah tersedia online di AS. Sebelumnya beberapa kontrak yang tidak spesifik diperlukan oleh DW di sana guna memblok stream.

Tercatat beberapa statement menanggapi rancangan itu, seperti satu dari Hamburg university: Menjadi catatan bahwa DRM sama sekali tidak disebut-sebut lagi, mengabaikan kesalahan yang terjadi yang semestinya diclearkan semua permasalahannya. Radio/online dan TV harus digabung, terutama di Berlin.

Anggaran tahunan untuk distribusi program di shortwave dan
“mediumwave yang mirip shortwave” adalah 15.1 juta Euro, dengan rincian 1.0 juta biaya lisensi untuk fasilitas di Sines, Kigali dan Trincomalee, 7.1 juta untuk operasi fasilitas tersebut, 7.0 juta untuk sewa airtime pada fasilitas pihak ke tiga.

Platform distribusi lainnya: Satellite 4.9 juta, FM 0.9 juta, streaming 0.4 juta, feed circuit tambahan 1.0 juta, biaya lain-lain 0.7 juta.

Prosentase pangsa pasar DW radio, merujuk pendengarnya per minggu:
Australia 1.9 bahasa Inggris dan 0.8 bahasa Jerman, Kanada 1.4 bahasa Inggris dan 0.7 bahasa Jerman, AS 1.1, beberapa kota di Chile mencapai 3.2 bahasa Jerman, Lebanon 0.8, negara-negara Arab lain 0.1…0.2, Iran bahasa Persi juga 0.1…0.2, Afghanistan 7 (seperempatnya di shortwave), Bulgaria 2.4, Swedia 0.5, Inggris 0.2, Spanyol 0.04, Moldova 1.2, Ukraina 0.9, Russia 0.5.

Pangsa pasar persaingan international broadcasting: Arab “lebih besar” daripada DW, Iran juga lebih besar tetapi semua di bawah 5 dengan penurunan yang nyata selama tahun-tahun terakhir. Umumnya Timur Tengah, Asia dan Eropa semua di bawah 1, Russia 1 paling banyak.

Prosentase pemakaian shortwave per hari: dunia Arab di bawah 2, India 2.3, Pakistan 2.4, Bangladesh 2.5 (catatan: FM 3.8, MW 8.8), Afghanistan 14, China 0.5 (umumnya rendah hanya 10, kurang dari seperempat dari seluruh pemilik radio), Indonesia 0.6, Moldova 3.2,
Ukraina 1.8, Russia 1.0.

Prosentase pemakaian mediumwave per hari: Moldova 5.1, Ukraina 3.1, Russia 1.6 (Kai Ludwig, Germany, March 29, dxldyg via DX LISTENING DIGEST)

[dxld] Radio Prague Competition 2010
Friday, April 9, 2010 9:12 AM
From: “Alokesh Gupta”
To: “CUMBRE DX” , dxld@yahoogroups.com

Radio Prague has announced its 10th annual listeners’ competition.

Details at: http://www.radio. cz/en/static/ competition- 2010/

Alokesh Gupta
New Delhi

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s