AWR “Wavescan” – DX Program

* Program No NWS58 (ENGPU_WAVE_20100404)
* Tanggal Produksi Selasa 30 Maret 2010
* Tanggal siaran Minggu 4 April 2010
* Research & Script
Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA
* Recording Studio sw WRMI, Radio Miami Int, Miami, Florida

Awal stasiun Shortwave di Philippina – Sejarah RCA
Dalam acara Wavescan sejauh ini kami telah menyajikan dua program mengenai sejarah radio di Philippina; permulaan stasiun-stasiun wireless Morse Code dan permulaan stasiun-stasiun mediumwave. Dalam program hari ini, kami melanjutkan cerita tentang Philippina menyangkut stasiun shortwave yang paling awal. Kami mulai dari tahun 1924.
Di masa itu RCA, Radio Corporation of America, telah mendirikan sebuah kantor regional di ibukota Philippina, Manila. Dua tahun kemudian dimulailah pembangunan stasiun radio shortwave pertama di Philippina, di sebuah lokasi sembilan mil di luar kota Manila. Menurut sebuah artikel kontemporer di majalah Time, stasiun radio besar yang baru dibangun oleh RCP, Radio Corporation of the Philippines, sebuah anak perusahaan RCA, Radio Corporation of America.
Menurut artikel dalam majalah Time, stasiun radio baru di Philippina ini adalah salah satu yang terbesar di Timur Jauh, dan dibangun khusus untuk komunikasi dengan San Francisco di California. Pada tahap ini, stasiun komunikasi RCA di San Francisco sebenarnya adalah stasiun besarnya yang berlokasi dekat Bolinas, sedikit ke arah utara San Francisco.
Sepanjang tahun berikutnya, 1927, dimulailah penggunan empat transmitter radio, dua di mediumwave dan dua di shortwave. Transmitter kembar mediumwave, masing-masing berdaya 1 kW, diresmikan dengan callsign KZRM dengan layanan program dari studio kota pada 12 Pebruari 1927. Dua huruf awal pada callsign KZ, mengindikasikan Philippina; dan dua huruf akhir RM, mengindikasikan Radio Manila. Hampir secara bersamaan, sirkuit komunikasi RCA ke Bolinas California juga diresmikan.
Tiga tahun kemudian, tepatnya sepanjang bulan Mei tahun 1930, siaran percobaan dari RCA Manila terdengar di shortwave di Amerika Serikat dan Australia dengan callsign eksperimen K1XR. Programnya direlay dari stasiun mediumwave KZRM dan siaran-siaran percobaan ini berlanjut secara spasmodis selama lebih kurang enam bulan. Kemudian siaran shortwave baru ini dengan resmi dibuka pada 26 Nopember dengan callsign KBK & KAZ.
Upacara resmi pembukaan layanan telepon radio internasional baru itu disiarkan di mediumwave KZRM, dan juga di shortwave secara off-air pick-up di Bolinas California untuk relay ke seluruh wilayah Amerika Serikat di mediumwave.
Tepat sebulan kemudian, sebuah siaran Natal direlay dari KZRM untuk Amerika Serikat pada dua channel shortwave, KAZ di 9900 kHz dan KBK di 18750 kHz. Pada bulan-bulan berikutnya tercatat banyak siaran-siaran lain dari KZRM Manila yang direlay oleh shortwave RCA dan terpantau di Amerika Serikat dan Pacific Selatan.
Namun keberhasilan dan popularitas siaran-siaran relay shortwave dari Manila ini harus mereka akhiri di di pertengahan tahun berikutnya, 1931. Pada tahap ini, callsign eksperimen K1XR telah diperbarui sesuai dengan aturan internasional baru, menjadi KA1XR.
Tetapi layanan siaran shortwave kembali diperkenalkan tiga tahun kemudian dengan gaya yang sama, dengan programming dari studio mediumwave KZRM dan relay shortwave via satu atau dua transmitter komunikasi RCA.
Mulai tahun 1937, stasiun shortwave KZRM bisa didengar dengan layanan relay reguler dari stasiun mediumwave KZRM, dan membuktikan bahwa transmitter shortwave 1 kW mereka yang dibangun sampai tahap ini khususnya dimaksudkan sebagai sebuah unit relay shortwave. Transmitter ini tercatat selama beberapa waktu di empat channel shortwave yang berbeda, dan kadang-kadang membawakan program dari stasiun-stasiun lain di Manila, termasuk KZEG dan KZRF.
Sepanjang tahun 1930an sampai awal tahun 1940an, RCA Manila terpantau di banyak peristiwa dengan program relay dari berbagai sumber, misalnya:-
1932 Pidato Pres.Theodore Roosevelt
1936 Sep KBI 21140 kHz Special radio program
1936 Oct KAZ 9990 Music program
1939 Aug KAY 14980 Program relay ke Berlin, Jerman
1939 Nov KAY 14980 Relay XGOY China ke SFrancisco
1941 Berbagai relay KZRM dan KZRF
Dalam kurun waktu duabelas tahun dari 1930 sampai 1941, RCA Manila tercatat mengudara dengan sedikitnya tigapuluh callsign yang berbeda. Semua callsign tersebut diawali dengan huruf KA KB KT KU atau KZ. Mungkin setiap huruf kembar mengindikasikan transmitter sebenarnya, dan huruf ke tiga pada tiap callsign mengindikasikan frekuensi yang sebenarnya dipakai.
Kalau benar, kami memperkirakan RCA Manila mengudara dengan memakai lima transmitter shortwave yang berbeda. Diketahui bahwa stasiun komunikasi RCA dekat Manila mengoperasikan beberapa transmitter shortwave selama masa ini yang masing-masing cdberdaya 10, 20 dan 40 kW.
Penggunaan RCA Manila selama era sebelum perang terdiri dari tiga macam, disesuaikan dengan situasi waktu itu:-
1. Lalu lintas komunikasi dengan berbagai negara di wilayah Pacific
2. Relay siaran ke dan dari berbagai negara di wilayah Pacific
3. Siaran program khusus untuk penerimaan langsung oleh swl
Walaupun Radio Manila, RCA, memainkan peran penting dalam dunia radio di Pacific, Asia & Amerika di masa itu, masih belum diketahui adanya QSL yang memberi verifikasi penerimaan program shortwave mereka.

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s