AWR “Wavescan” – DX Program

* Program No NWS56 (ENGPU_WAVE_20100321)
* Tanggal Produksi Selasa 16 Maret 2010
* Tanggal Siaran Minggu 21 Maret 2010
* Recording
Studio shortwave WRMI, Radio Miami International, Miami, Florida
* Research & Script
Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA

* Stasiun Mediumwave awal di Pakistan
Akhir-akhir ini Pakistan seringkali menjadi bahan berita. Terletak di ujung barat apa yang dulu dikenal sebagai British India, wilayah ini, hampir sepanjang seribu mil dan mungkin selebar limaratus mil, tampil secara jelas dalam peristiwa sejarah kuno. Sejarahnya yang penuh warna dimulai sekitar 4,500 tahun yang lalu sampai pada apa yang dikenal sebagai Civilisasi Lembah Indus. Dua kota kuno, Harappa dan Mohenjo-Daro, sekarang hanyalah timbunan hasil restorasi reruntuhannya, tetapi semuanya menceritakan kegemilangan tingkat perkembangan sosial masa-masa awal civilisasi.
Sistim pengairan sungai utama Indus – dengan lima muaranya – di bagian utara negeri, mempersembahkan air kehidupan bagi seluruh bangsa; dan kita harus ingat bahwa nama Indus, yang hanya berarti sungai dalam bahasa aslinya, memberi nama asli untuk India sendiri. Lima sungai, kata mereka, memberi nama Punjab dalam bahasa aslinya, dan merupakan nama sebuah provinsi besar baik di Pakistan maupun India.
Bulan-bulan yang lalu, kami menyampaikan cerita tentang stasiun-stasiun wireless awal di wilayah Pakistan sekarang, dan mereka berlokasi di lima kota; Karachi, Lahore, Quetta, Rawalpindi dan Peshawar. Itu terjadi di era 1920an.
Pada acara Wavescan hari ini, kami melanjutkan cerita tentang radio Pakistan, kali ini mengenai perjuangan stasiun-stasiun mediumwave awal mereka. Itu cerita tentang dua stasiun radio di dua kota; atau, kalau Anda perhatikan lebih teliti, mungkin merupakan cerita tentang empat stasiun radio yang berlokasi di dua kota.
Stasiun radio broadcasting yang pertama di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Pakistan, adalah sebuah stasiun amateur kecil yang didirikan di dalam gedung YMCA di Lahore pada tahun 1928. Stasiun ini didanai oleh YMCA, perusahaan lokal Text Book, dan pemerintah propinsi Punjab.
Stasiun radio baru dan agak amateur ini pada awalnya diberi alokasi 812 kHz sebagai jalur broadcastingnya, walaupun selanjutnya berganti ke 1200 kHz. Callsign untuk stasiun itu adalah VUL, menunjukkan India Lahore. Stasiun radio VUL Lahore mengudara secara spasmodis selama hampir sepuluh tahun, sebelum akhirnya ditutup pada 1 September 1937, demi sebuah stasiun baru yang akan segera dibuka.
Stasiun baru di Lahore secara resmi dibuka tiga bulan kemudian pada 16 Desember 1937 dengan 5 kW pada 1086 kHz di bawah callsign yang sama seperti pendahulunya, VUL. Stasiun itu merupakan salah satu dari stasiun-stasiun radio broadcasting baru dalam jaringan All India Radio yang berkembang.
Jadi adalah benar bahwa sebenarnya ada dua stasiun radio broadcasting yang berbeda di Lahore pada era sebelum pemisahan; stasiun amateur diikuti oleh stasiun pemerintah, keduanya mengudara secara beruntun dengan callsign sama, VUL.
Sekarang ke kota di perbatasan, Peshawar.
Di tahun 1934 perusahaan radio Marconi di Inggris menawarkan perlengkapan untuk sebuah stasiun radio broadcasting baru kepada pemerintah Propinsi North West Frontier. Perjanjiannya adalah bahwa apabila proyek itu berhasil, pemerintah propinsi akan membeli perlengkapan tersebut.
Stasiun radio broadcasting baru itu diresmikan pada 6 Maret 1935 dan segera setelah itu diberi callsign VUP, yang menunjukkan India Peshawar. Stasiun radio kecil ini hanya beremisi 250 watt pada 1500 kHz yang memberinya sedikit lebih dari kemampuan untuk coverage lokal. Waktu itu dijanjikan bahwa stasiun akan diupgrade sampai 2 kW, walaupun prediksi ini tidak pernah dipenuhi.
Di tahun berikutnya, pemerintah propinsi mengambil alih stasiun itu, dan selama tahun berikutnya lagi, stasiun diambil alih oleh pemerintah nasional India di Delhi. Kemudian, dalam bulan Maret 1939, stasiun VUP Peshawar dikonversi menjadi sebuah stasiun relay, yang mengambil programnya dari stasiun nasional VUD di Delhi.
Tetapi sebuah stasiun broadcasting yang benar-benar baru, dengan studio baru dan perlengkapan teknik baru dibangun di Peshawar segera setelahnya, dan diresmikan pada 1 Desember 1942. Stasiun baru ini diberi channel 629 kHz mediumwave dengan output power 10 kW.
Jadi adalah benar benar bahwa sebenarnya ada dua stasiun radio broadcasting berbeda di Peshawar pada era sebelum pemisahan; stasiun Marconi diikuti oleh stasiun pemerintah, keduanya mengudara secara beruntun dengan callsign sama, VUP.
Pada saat pemisahan antara India dan Pakistan, yang dikenal sebagai Kemerdekaan pada Tengah Malam, 14 dan 15 Agustus tahun 1947, terdapat hanya dua stasiun radio broadcasting yang agak kecil yang mengudara di Pakistan baru:-
VUL Lahore 5 kW 1086 kHz
VUP Peshawar 10 kW 629 kHz

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s