Media Network 15 April 2010

Kalimat ini berisi tepat 140 karakter (termasuk spasi), yang merupakan ukuran yang sangat bagus untuk sebuah ‘tweet’, yaitu sebuah pesan pendek di Twitter.

Lebih dari 105 juta orang menggunakan layanan pesan teks dan menurut data yang dikeluarkan oleh Twitter pada hari Kamis, 300’000 pelanggan baru bergabung setiap harinya. Sejak dibuatnya, triliunan ‘tweet’ telah dikirim oleh para presiden dan pop star, tetapi kebanyakan masyarakat umum.

Twitter dibuat pada tahun 2006 oleh web designer Jack Dorsey yang ingin menciptakan sebuah versi minimalis sebuah weblog.

Tanpa gambar, tanpa video, tidak ada cerita pribadi yang sangat mendetil – hanya pesan-pesan pendek yang memungkinkan pemakai menceritakan kepada sekelompok teman dekat tentang apa yang ia sedang lakukan pada saat itu.

Tuan Dorsey telah belajar dari pengalamannya sebagai seorang software designer pada perusahaan-perusahaan pengiriman dan sopir-sopir taxi, betapa vitalnya informasi ‘di mana Anda?’ bagi beberapa orang dan bisnis.

Presiden Obama
Twitter berkembang pesat tetapi mencapai puncaknya selama kampanye pemilu presiden AS tahun 2008, di mana kandidat utama Barack Obama dan John McCain secara extensif menggunakan Twitter untuk memberitahu para pendukungnya apa yang mereka inginkan. Tuan Obama dengan segera men-tweet para pendukungnya setelah ia dinyatakan sebagai pemenang.

Potensi menghasilkan uang
Namun seperti aplikasi internet bebas lain yang tidak memuat iklan, seperti Google dan YouTube, potensi menghasilkan uang Twitter sangat terbatas. Sekarang mungkin sudah berubah sejak Twitter mengumumkan pesan komersial pertamanya – atau ‘Promoted Tweets’ seperti co-founder Biz Stone menyebutnya.
Iklan-iklan kecil akan muncul ketika seseorang menggunakan opsi pencarian Twitter. “Kami tidak khawatir bahwa orang akan membenci kami karena itu”, tutur Tuan Stone kepada para reporter saat peluncurannya. “Kami telah melakukan pendekatan yang penuh pemikiran dan kami tidak mengejar apapun. Kami kira orang akan menerima dan menyukainya”.
Dengan memproses 600 juta permintaan pencarian setiap harinya, iklan-iklan itu bisa mencapai sejumlah besar audiens. Tetapi beberapa pemakai inti Twitter mungkin saja tidak akan senang. “Kalau mereka menikmati hasil iklan itu, mereka akan membuka pintu penahan banjir dan Twitter akan menjadi sebuah arus komersial”, kata pemakai Twitter Chris Dunn dalam profil Twitternya. Ia adalah pemilik usaha social networking Mobeze Inc. Yang lain tidak begitu merasa khawatir. “Selama Twitter tidak akan dijual, bagi saya tidak masalah”, tulis seorang ‘tweeter’ tanpa nama.

Standard
Tuan Stone mengatakan bahwa ‘Promoted Tweets’ haruslah punya standard tertentu. “Kalau para pemakai tidak berinteraksi dengan Promoted Tweet, seperti me-reply atau melakukan re-tweeting, Promoted Tweet akan lenyap”, tulisnya dalam blognya. Pada saat yang sama, Tuan Stone juga mengumumkan akan lebih banyak iklan bila percobaan skema ini berhasil.

Arsip
Semakin bertambahnya pengaruh Twitter menjadi sorotan minggu ini dengan pengumuman oleh Library of Congress AS bahwa akan mengarsip setiap tweet sejak tahun 2006. Dengan lebih dari 50 juta tweet yang dikirim setiap hari, seluruhnya akan mencapai triliunan.

“Adalah mencengangkan untuk memikirkan apa yang mungkin akan kita peroleh tentang diri kita dan dunia di sekeliling kita dari timbunan data itu”, tulis Matt Raymond, Direktur Komunikasi Library diblognya. “Saya pastikan kita akan mengetahui apa saja yang tidak seorangpun dari kita pernah bayangkan”.

Penyimpanan secara digital
Arsip Twitter akan menjadi satu bagian dari skema penyimpanan secara digital di Library, yang mengumpulkan dan menyimpan informasi yang dibuat hanya dalam bentuk digital saja.

Setiap tweet akan diarsipkan. Itu termasuk tweet kemenangan pilpres Barack Obama yang sekarang menjadi terkenal itu dan very first tweet dari Jack Dorsey. Tetapi generasi mendatang juga akan bisa membaca triliunan tweet dengan gaya yang kurang memberi inspirasi seperti ‘Sedang makan’ atau ‘Lagi ngopi sendirian’ yang telah dikirim setiap hari.

swl 1.086+

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s