***[dxld]***

YouTube: Perang Rahasia – Pertempuran Sinyal Radio
Senin, 19 April 2010 5:14 PM
Dari: “mikebarraclough”
Kepada: dxld@yahoogroups.com

Komunitas Televisi Alexandra Palace mengunggah ke channel YouTube mereka, program TV Perang Rahasia – Pertempuran Sinyal Radio, yang aslinya telah ditransmit pada 5 Januari 1977.

Ceritanya mengenai bagaimana Inggris melakukan jamming sinyal radio high frequency langsung pada pesawat-pesawat bomber Jerman selama serangan-serangan malam dalam Perang Dunia II.

Bagian Pertama: http://www.youtube. com/watch? v=OAhKcsMcInk

Bagian Ke Dua: http://www.youtube. com/watch? v=eiSqCDzagM4

Bagian Ke Tiga: http://www.youtube. com/watch? v=kDv1ELePCnU

Bagian Ke Empat: http://www.youtube. com/watch? v=QRG8iWMylBc

Bagian Ke Lima: http://www.youtube. com/watch? v=JPy2VL3BKvg

Transmitter Alexandra Palace dipakai untuk melakukan jamming sistim Y-Gerat yang beroperasi di frekuensi 40-50 MHz. Sistim Knickebein sebelumnya beroperasi di frekuensi 30-31 MHz.

Sekarang Anda bisa lihat 199 video di channel YouTube Komunitas Televisi Alexandra Palace.

Sebuah laporan BBC London yang menjelaskan pemakaian Alexandra Palace selama Perang Dunia II bisa Anda temukan di:
http://news. bbc.co.uk/ local/london/ hi/people_ and_places/ history/newsid_ 8231000/8231874. stm

Mike

***AWR “Wavescan” – DX Program***
==================================================
* Program No NWS60 (ENGPU_WAVE_20100304)
* Tanggal Produksi Selasa 13 April 2010
* Tanggal Siaran Minggu 18 April 2010
* Riset & Script Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA
* Recording Studio shortwave WRMI, Radio Miami International, Miami, Florida
==================================================
* Stasiun WWV
Minggu lalu di Wavescan Anda mendengar cerita panjang dan menarik mengenai stasiun chronohertz WWV, dengan panorama aktivitasnya di 5 lokasi yang berbeda. Sekarang kami lanjutkan sejarah heroik radio ini dengan menampilkan informasi tentang 3 stasiun radio lain yang bermitra dengan WWV, dan perpindahan lokasi mereka dari satu tempat ke tempat lain.
Harus dijelaskan juga bahwa otoritas pemberi lisensi FCC di Amerika Serikat meminta semua stasiun waktu dan frekuensi, stasiun chronohertz juga, untuk mengindikasi dengan callsign dalam seri WWV; walau sebenarnya FCC menyatakan bahwa mereka tidak punya wewenang pada stasiun-stasiun tersebut.
Stasiun radio WWVB mulai dari stasiun longwave dengan power yang sangat rendah di NBS, National Bureau of Standards di Boulder Colorado pada bulan Juli 1956. Pada tahap ini stasiun mengudara dengan sebuah callsign experimental, KK2XEI, dengan daya hanya 40 watt di channel longwave 60 kHz.
Segera setelah itu, tingkat daya diturunkan sampai hanya 1.4 watts, walaupun demikian stasiun masih bisa didengar di Harvard University di Massachusetts, yang berjarak lebih dari 1’600 mil.
Empat tahun kemudian, stasiun experimental KK2XEI dipindahkan ke sebuah kota kecil yang disebut Sunset di Colorado, dan bersebelahan dengan stasiun longwave berdaya rendah lain dengan callsign WWVL. Di lokasi ini, callsign KK2XEI dijadikan WWVB, dan tingkat dayanya dinaikkan menjadi 15 watt di channel yang sama, 60 kHz. Walaupun dengan daya rendah tersebut, stasiun bisa didengar di New Zealand.
Fasilitas Sunset sangat temporer, dan setelah 3 tahun beroperasi di lokasi itu, stasiun dibangun kembali di sebuah lokasi baru dan lebih dikenal sekarang, Fort Collins. Sebenarnya, tingkat daya WWVB di Fort Collins hanya 5 kW, walaupun seiring dengan perjalanan waktu ditingkatkan.
Pada 7 Pebruari 1994, kabut tebal di wilayah Fort Collins Colorado membeku dan secara elektronis membuat sistim antenna tidak berfungsi. Para konsultan dan pakar elektronik dari angkatan laut dipanggil, dan sesuai dengan hasil rekomendasi mereka, stasiun WWVB dirancang ulang secara menyeluruh dan dibangun kembali dengan memakai peralatan surplus angkatan laut.
Saat ini stasiun WWVB mengudara dari 2 transmitter besar longwave yang masing-masing berdaya 50 kW. Transmitter Blue dihubungkan ke North Tower yang sebelumnya dipakai untuk layanan longwave lain, WWVL; dan Transmitter Gray dihubungkan ke South Tower. Kedua transmitter itu mengudara bersama dari 2 antenna rhombic yang dimodifikasi, pada channel yang sama, 60 kHz. Sebuah transmitter ke 3 yang sama disiagakan untuk standby.
Siaran-siaran longwave dari WWVB tidak bermuatan konten audio; tetapi secara elektronis mengubah aspek, sinyalnya secara otomatis menyesuaikan jutaan tanda waktu, jam dan lain-lain peralatan elektronik di seluruh Amerika Serikat.
Stasiun WWVL adalah transmitter longwave lain, beroperasi pada sebuah channel yang berbeda, 20 kHz. Sebenarnya stasiun experimental ini berlokasi di Sunset, Colorado dan mengudara hanya dengan 500 watt. Stasiun ini diresmikan di lokasi sementara ini pada bulan April 1960.
Seperti 2 stasiun lainnya, WWV dan WWVB, WWVL longwave juga dipindahkan ke fasilitas baru NBS di Fort Collins dan dibangun kembali sampai 2 kW. Tujuan semula adalah bahwa WWVB akan meliput Amerika Serikat, dan WWVL akan meliput seluruh dunia. Tetapi pada tahun 1972 tugas WWVL tidak dilanjutkan dan towernya sekarang dipakai untuk layanan longwave WWVB.
Stasiun chronohertz mitra ke 3 punya cerita yang berbeda sama sekali. Stasiun itu berlokasi di Mason Ohio dan dioperasikan atas nama NBS oleh Crosley Corporation.
Di era Perang Dunia 2, AFRS, American Forces Radio Service, memerlukan informasi propagasi yang akurat dan up to date untuk melengkapi distribusi pengisian program di shortwave. Crosley Corporation, dengan fasilitas besar untuk mediumwave dan shortwave di Mason & Bethany, sedikit ke utara Cincinnati, sudah siap untuk melayani kepbutuhan tersebut. Sejak awal Desember 1935, transmisi dari W8XAL pada 6060 kHz dimonitor oleh NBS untuk studi dalam kondisi propagasi.
Untuk tugas baru atas nama AFRS ini, Crosley memasang sebuah transmitter shortwave 1 kW di bangunan shortwave mereka di Mason dan di-tune ke channel 49 meter band, 6080 kHz dengan hanya open carrier, tanpa program. Stasiun ini mengudara dengan callsign Crosley sebelum perang, W8XAL, walaupun kemudian diubah menjadi callsign experimental, KQ2XAU.
Transmitter yang unik ini setiap hari mengudara selama 20 tahun atau lebih, kecuali beberapa jam ketika transmitter shortwave VOA, WLWO, dipakai pada channel yang sama. Penghitungan propagasi dibuat secara harian di fasilitas WWV yang berlokasi di Maryland.
Jadi, stasiun WWVB telah mengudara pada 3 lokasi yang berlainan, Boulder, Sunset dan Fort Collins, semuanya di Colorado, dan saat ini masih tetap mengudara. Stasiun WWVL mengudara dari 2 lokasi berbeda, Sunset dan Fort Collins Colorado, dan berakhir hampir 40 tahun yang lalu. Stasiun carrier kosong W8XAL-KQ2XAU mengudara di Mason Ohio selama 20 tahun atau lebih dan berakhir setengah abad yang lalu.
Dalam usaha kerasnya untuk memberi layanan longwave yang lebih terpercaya ke wilayah-wilayah bayangan, diundangkan rencana-rencana tentatif untuk tambahan pada transmitter WWVB yang berlokasi di satu tempat di willayah-wilayah bagian timur Amerika Serikat dan beroperasi di 40 kHz.
Beberapa kartu dan surat QSL telah diterbitkan untuk 3 stasiun tambahan WWV tersebut. Transmissi WWVL diberi verifikasi dengan selembar kartu khusus; transmisi open carrier di Ohio diberi verifikasi dengan sedikitnya 2 surat QSL; dan transmisi WWVB juga diberi verifikasi dengan selembar kartu khusus. Kartu-kartu QSL dari semua stasiun WWV, yaitu WWV, WWVB dan WWVL, dicetak dalam tiga lipatan panel, dengan banyak informasi yang menarik.
Kadang-kadang Anda tidak memerlukan sebuah receiver radio untuk bisa memperoleh selembar kartu QSL WWVB. Bila Anda punya sebuah jam yang secara otomatis waktunya diupdate dengan sinyal dari WWVB, Anda boleh mengirimkan laporan penerimaan siaran berisi informasi ini dan Anda akan menerima kartu QSL mereka yang terbaru.

***QSL BARU***
“le 2 AVR 2010
Cher auditeur,
Nous avons le plaisir de vérifier
votre rapport d’écoute.
Date: 2.4.2010
Heure (UTC): 12˚35’
Frequence: 17690 kHz
Service français
Radio Japon”

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s