“VOICE OF RUSSIA” – “ASBARI NURPATRIA KRISNA”

DX LISTENING DIGEST 10-19, May 14, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** RUSSIA. VOICE OF RUSSIA DI PUNCAK GELOMBANG RADIO
© Photo: “The Voice of Russia”. Andrei Bystritsky.

Dunia masih akan tune ke Voice of Russia bahkan dalam kurun waktu 100 tahun dari sekarang, seperti keyakinan Pimpinan perusahaan siaran radio Voice of Russia, Andrei Bystritsky..

Seperti kami dapat lihat sekarang, teknologi multi-media telah membawa siaran radio ke dalam sebuah orbit baru, yang memperlebar perbatasan dan menarik benua-benua menjadi semakin berdekatan. Berkat Internet dan teknologi digital, audiens di banyak negara tidak hanya mendengar program-program dan melihat video clip kami, tetapi juga memperoleh sebuah kesempatan bagus untuk berdialog secara permanen dengan radio Voice of Russia, kata Andrei Bystritsky dalam sebuah interview pada kesempatan merayakan Radio Day, yang diperingati di Russia pada tanggal 7 Mei.

Seorang pribadi abad ke 21 adalah pribadi yang sangat sibuk. Kini orang hanya punya waktu senggang sedikit saja, dan tiap menit berharga bagaikan emas. Karenanya radio masih tetap merupakan satu-satunya sumber informasi bagi banyak orang, karena sesungguhnya setiap orang bisa mendengarkan radio, apapun situasinya, kata Andrei Bystritsky.

Banyak sekali variasi pekerjaan, ketika orang tidak bisa melihat layar TV tetapi masih bisa mendengar suara anounsernya. Tetapi apakah radio akan disajikan dalam bentuk sekarang atau akan berupa sebuah sistim layanan gabungan, itu soal lain lagi. Walaupun begitu tidak bisa disangsikan bahwa sepanjang radio masih punya audiens maka itu adalah kenyataan sekarang. Saya kira esensi radio lebih mendekati seni teater, sementara televisi – ke seni sinema, kata Andrei Bystritsky.

Seperti diketahui, radio sudah ada di abad 19. Di saat itulah orang menyaksikan kebangkitan sebuah keajaiban dunia. Pada tanggal 7 Mei 1895, ilmuwan ternama Russia Alexander Popov mendemonstrasikan penemuannya, yaitu receiver radio buah karyanya, yang terbukti merupakan yang pertama di dunia di waktu itu. Popov memperlihatkan kreasinya di sesi Kelompok Fisika dan Matematika di St. Petersburg. Ia begitu berbahagia atas keberhasilannya mendemonstrasikan transmisi gelombang radio sejauh …. 600 meter.

Jadilah tanggal 7 Mei 1895 tercatat dalam sejarah. Di awal abad ke 20 sebuah receiver radio juga menjadi sebuah keajaiban juga. Siaran-siaran reguler di Russia dimulai dalam tahun 1924. Dan di tahun 1945, yang menandai tahun Kemenangan Besar dalam Perang Dunia II, satu hari libur baru, Hari Radio, diresmikan di Russia.

Banyak diramalkan bahwa radio tidak akan berumur panjang. Pertama, ketika televisi muncul, dan kemudian waktu Internet hadir. Tetapi radio telah beradaptasi dengan kondisi-kondisi modern dan hingga sekarang menjadi salah satu bentuk media yang paling demokratis dan cepat. Sesungguhnya sangat sulit membayangkan kehidupan modern tanpa siaran radio, termasuk berita, musik dan informasi lain, yang menambah semangat dan membuat Anda merasa nyaman. Di Russia kini terdapat lebih dari 2,000 stasiun radio yang telah memiliki lisensi untuk siaran radio. Di Moscow saja ada lebih dari 50 stasiun radio yang mengudara. Tidak luput dari persaingan yang mencekik leher, Voice of Russia, yang melakukan siaran ke negeri-negeri asing, melanjutkan segala upayanya dan mendapatkan pendengar-pendengar baru, kata Pimpinan radio Voice of Russia, Andrei Bystritsky.

Kami memberi informasi kepada para pendengar kami peristiwa-peristiwa di Russia dan memberitahu mereka pandangan resmi pada isu-isu global. Pada saat yang sama, sudah tentu, pendengar di banyak negara ingin mengetahui bagaimana berbagai topik diperdebatkan di seluruh dunia. Kamipun tidak melakukan pembatasan mengenai semua bentuk peristiwa, kata Andrei Bystritsky.

Kini Voice of Russia, yang merayakan ulang tahun ke 80nya tahun lalu, sedang dalam perubahan yang radikal. Siaran-siaran dalam bahasa-bahasa utama dan informasi di Internet semakin bertambah. Lebih dari 500 program disiarkan ke 160 negara di short dan medium wave setiap hari, 162 jam per hari. Voice of Russia mengudara dalam 40 bahasa. Selain itu, pengunjung situs http://english.ruvr.ru/ bisa mengakses audio dan video clip, dan juga bahan-bahan multi-media.

Program-program radio Voice of Russia bisa dipercaya, operasional dan mencukupi seperti sebelumnya, tegas Pimpinan radio Voice of Russia. Dan sekarang kepada semua pendengar kami ucapkan selamat mendengarkan dan selamat merayakan Hari Radio!
Sumber: http://bit.ly/dpqGff (Yimber Gaviria, Colombia, May 9, DXLD)

    SMS yang saya terima pada 18 Mei 2010 jam 09:37wib

    “Pertemuan dengan mas Asbari NK (mantan penyiar Ranesi) akan diadakan di rumah mas Beno pada 25 Mei 2010 jam 1830wib. Konfirmasi ke mas Beno 08129627749 (eddy s).”

    [Harinya Selasa /TA]

    Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s