*WRTH A10 UPDATED* – *Apakah pengertian ‘Radio Amatir’ masih relevan?* – *ARSIP DXLDYG SUMBER YANG BERHARGA* – *SLIDESHOW QSL YANG INDAH*

*** [HCDX] Telah tersedia file A10 updated
From: Sean Gilbert, International Editor – WRTH
To: WRTH International Editor
Date: Wed, May 19, 2010 11:44 pm

Versi update jadwal baru A10 telah diunggah ke situs WRTH: http://www.wrth.com memuat beberapa data baru yang muncul sejak file asli diterbitkan. Semua perubahan diberi highlight dengan teks merah guna mempermudah identifikasi.
Salam,

Sean Gilbert, International Editor – WRTH (World Radio TV Handbook)
Email: sean.gilbert@wrth.com
Web: http://www.wrth.com
RX : Icom IC756PRO; Racal RA1792
ANT : 15.5m Inverted Vee @ 10m; ALA1530 @ 3m

*** [dxld] “Early Shortwave Memories David Smith” video
Thursday, May 20, 2010 7:51 AM
From: “Mike Terry”
To: “DXLD”

Tulisan Jonathan Marks
April 25, 2010
Di sebagian besar bagian dunia, shortwave tidak lagi menjadi medium pilihan. Terkecuali di mana shortwave merupakan sebuah medium pilihan terakhir. Saya telah menanyai mereka yang mengaku telah menjadi SW listener di usia mudanya untuk berbagi pengalaman. David Smith dari Okapi Consulting di Johannesburg punya cerita tentang pemantauan Radio Moscow di tahun 1970an.
http://vimeo.com/11202806
(Mohon maaf bila sudah pernah ditulis)

*** [dxld] Apakah pengertian ‘Radio Amatir’ masih relevan?
Tuesday, May 18, 2010 9:59 AM
From: “Mike Terry”
To: “DXLD”

Gary Hammond, ZL3GH menyangsikan bahwa Radio Amatir masih akan bergulir menjadi hobi Komunikasi Amatir:

Hobi kita pastilah diawali dari satu kata ‘radio’. Ada banyak cakrawala baru yang sulit dipercaya untuk dihayati dan untuk dicapai. Radio telah memainkan satu tahapan usaha yang keras dan kesedihan yang mendalam. Radio telah memainkan bagian yang sangat besar dalam hobi kita selama bertahun-tahun dan hal yang penting telah dengan tepat diletakkan pada pengetahuan tentang teori radio dan bagaimana menggunakannya. Ada saatnya ketika pada suatu hari bertahun-tahun yang lalu komunikasi pertama yang berbasis elektrik dikembangkan. Salah satu yang pertama adalah sistim telegraf yang fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi jarak jauh.

Selanjutnya menyusul telepon yang merupakan sarana lain untuk komunikasi. Apa yang dilakukan oleh radio adalah membebaskan para pemilik sistim komunikasi yang mahal dan canggih itu. Lebih penting lagi, memungkinkan pemakai untuk memahami kemampuan berkomunikasi pada lokasi yang berbeda-beda yang tidak terhubung dengan sistim kabel. Kapal-kapal di lautan adalah satu dari aplikasi nyata dari kemampuan penemuan baru ini.

Selama waktu perang, radio memainkan peran besar dengan tepat seluruh spektrum dari komunikasi kapal selam sampai ke radar. Penggemar radio amatir bisa ditemukan di manapun dalam semua cerita tentang usaha-usaha keras ini.

Selama 30 tahun terakhir, komputer telah semakin berperan dalam hobi kita. Dari awal pencatatan log sampai ke komputer-komputer yang dirancang dengan canggih pada semua peralatan komunikasi modern. Berbagai skema modulasi dan metode-metode baru komunikasi digital tidak akan mungkin tanpa kemampuan pengolahan data seperti yang telah kita peroleh sekarang. Tetapi kemampuan untuk mengendalikan kemampuan pengolahan data untuk digunakan dalam hobi kita masih belum dilakukan dengan serius sebagai sebuah persyaratan untuk memulai hobi.

Kita sekarang berada pada persimpangan jalan di mana mekanisme dasar untuk komunikasi bisa menjadi semacam hybrid dari wired dan wireless yang telah melebur sehingga pemakai awam sebuah telpon seluler bahkan tidak menyadari bahwa mereka sesungguhnya memakai radio yang dikontrol dengan sebuah komputer yang canggih. Tidak diragukan bahwa radio telah kehilangan ‘kehebatan’nya.
Bahkan tugas-tugas yang merupakan wilayah peralatan elektronik sekarang telah digantikan oleh software dengan kode algoritma di dalam DSP yang canggih. Platform IF di kebanyakan radio modern sekarang merupakan wilayah DSP ini dan sudah tentu terdapat SDR yang akan menerimanya.

Mungkin kita sekarang sedang menuju (atau perlu menuju) ke arah satu hobi ‘Komunikasi Amatir’ di mana radio berperan dalam sistim komunikasi yang lebih besar. Pentingnya ‘Radio’ mungkin tidak serelevan seperti biasanya dan sebagai sebuah kelompok, kita perlu bersama dengan teknologi yang merupakan sesuatu yang para ‘ham’ telah lakukan selama dekade yang lalu. Ini tidak berarti bahwa persyaratan untuk memahami prinsip-prinsip dasar komunikasi berbasis radio tidak diperlukan. Itu pasti! Tetapi penekanan pada cara radio diintegrasikan dalam keseluruhan sistim komunikasi telah terlupakan dan sesegera mungkin kita perlu menyampaikan hal ini. Adalah merupakan cara baru dan tidak biasa bahwa radio bisa diintegrasikan ke dalam bentuk lain yang akan menggerakkan imajinasi kaum muda dan kebohongan wilayah-wilayah baru.

Bahkan sekarang model komunikasi tradisional perusahan-perusahaan telekomunikasi besar sedang ditantang oleh semakin bertambahnya generasi sekarang yang berpindah dari komunikasi fixed wired di kediaman mereka ke lingkungan wireless. Dengan komodisasi radio ke platformnya yang sekarang, tidak aneh bahwa radio tidak lagi dirasakan sebagai sesuatu yang baru. Kita sebagai satu hobi perlu mengubah fokus dan mencapai cara-cara baru dan menarik untuk berkomunikasi, dan bahkan saya berani mengatakan, sesungguhnya menuju jalan yang para generasi sebelumnya telah lakukan.
Pertanyaannya adalah apakah ‘radio’ benar-benar merupakan alasan keberadaan kita di sini, ataukah itu mengenai kemampuan untuk ber’komunikasi’ dan sebagai sebuah hobi, selanjutnya kita akan ke mana?
(Southgate http://www.southgatearc.org/news/may2010/is_the_term_ar_still_relevent.htm )

*** DX LISTENING DIGEST 10-20, May 19, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

ARSIP DXLDYG SUMBER YANG BERHARGA

Baik Aoki maupun EiBi merupakan referensi yang handy, tetapi seperti yang telah disebutkan, keduanya bukan tidak pernah melakukan kekeliruan. Saya sendiri sering memanfatkan arsip besar postingan dxldyg yang lama guna keperluan double check log saya sebelum meneruskannya. Arsip yang bisa dicari itu merupakan observasi berjam-jam yang tak terhitung jumlahnya, seperti juga komentar-komentar yang mendalam. Kita sekarang telah memiliki sumber up-to-date yang sangat berharga, jadi mari kita manfaatkan semaksimal mungkin!
(Ron Howard, Asilomar Beach, CA, dxldyg via DX LISTENING DIGEST)

Thanks, Ron. Sebagai tambahan, lakukan pencarian Google ke situs
http://www.w4uvh.net” dan satu frekuensi (misalnya 3290) memberi petunjuk di Listening Digest untuk beberapa tahun yang lalu (Terry Wilson, MI, ibid.)

Untuk hasil selanjutnya, lakukan pencarian ke dua pada frekuensi 1 kHz ke bawah seperti yang telah dilaporkan sedikit di bawah nominal.

DXLD diarsipkan dalam tiga tempat berbeda bila Anda benar-benar ingin melakukan pencarian mendalam:

Sejak Juni 2007: http://www.w4uvh.net
2002-May 2007: http://www.worldofradio.com
2000-2001: http://www.angelfire.com/ok/worldofradio
1998-1999: GH DX reports, pendahulu DXLD, juga angelfire
(Glenn Hauser, DX LISTENING DIGEST)

SLIDESHOW QSL YANG INDAH PUNYA JORGE FREITAS

http://www.ipernity.com/doc/75006/album/189040/show
(via DXLD)

*** Yang baru di koleksi QSL saya:

***2010 Apr. 28 0500-0530 Tashkent, Uzbekistan

NHK WORLD RADIO JAPAN English nhkworld@nhk.jp

*** Mungkin selama beberapa hari terakhir ada beberapa sms Anda yang mental balik atau dengan kata lain tidak terbaca oleh saya. Mohon maaf untuk ketidak nyamanan itu. Masalahnya adalah adanya kerusakan pada software hp saya.
Juga swl ikut-ikutan absen…

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

4 responses »

  1. Kinsanubary berkata:

    Salam jabat erat selalu, trims atas artikel2nya tetap selalu memberikan pencerahan dan penambahan wawasan sy ttg DX. Maju terus dan success selalu.

  2. sugeng santoso berkata:

    Salut kepada p.Ton,yg terus beraktifitas di usia senja. Semoga sy n teman-2 lain dapat mengikuti jejak/langkahnya. Kapan, ya sy bisa bersilaturahim lagi, makan mie goreng yg sedap masakan ibu, jalan kaki sambil berpanas-ria. Semoga kita diberi kesehatan, bisa sua lagi lain waktu. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s