*BBS Bhutan* – *Biangnya QSL – Kuwait* – *SIARAN SHORTWAVE TENTANG TAOISME DARI TAIWAN* – *DX INFO DARI TAHUN 30AN & 50AN* – *KEMBALINYA MICROPHONE VOA SETELAH 34 TAHUN* – *FORUM DI FILATELIA*

DX LISTENING DIGEST 10-22, June 3, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** BHUTAN. ACARA TELEPON LIVE BARU DARI “BBS RADIO

Pesan ini saya terima via Facebook, mengenai Bhutan Broadcasting
Service. Harap diingat, BBS mengudara di 6035 kHz SW dan jadwal berikut adalah waktu Bhutan Standard Time, yaitu UT + 6 jam.
73s, Thanks & Regards, (Partha Sarathi Goswami, Siliguri – 734001, Dist. Darjeeling, West Bengal, INDIA, June 3, dxldyg via DX LISTENING DIGEST) Viz.:

facebook
Sherpem Sherpa mengirim pesan untuk member BBS Radio.
Sherpem Sherpa June 3, 2010 at 12:11pm
Subject: Chatting dengan my Best Friend…

Hi semuanya, ini sebuah acara baru yang saya buka di BBS Radio sejak Sabtu lalu (29 Mei 2010). Semuanya tentang percakapan dengan your best friend.

Dan untuk acara itu — saya adalah your best friend ;o) Silakan nyatakan apa yang di pikiran Anda; apa saja yang ada dalam pikiran Anda; diskusi tentang satu isu; cerita tentang kenangan minggu lalu ataupun hari ini, atau sesuatu yang sudah lama ada dalam pikiran Anda…

Ini sebuah acara LIVE call-in. Hubungi nomor – 335280/335281/336309

Diudarakan setiap hari Sabtu –
Pagi (11-12) [05-06 UT]
Sore (2-3) [08-09 UT]
dan Malam (9-10) [15-16 UT]
dalam siaran bahasa Inggris BBS.

Juga Radio on the Net – http://www.bbs.com.bt – klik link
“Listen to Radio” (via Goswami, ibid.)

Hi Partha Sarathi! Thank you very much berbagi informasi penting ini. Apakah mereka juga mau menerima panggilan dari luar Bhutan di acara itu? Regards (Paul, West Bengal, ibid.)

Hi, tidak ada informasi dari mereka mengenai hal itu, tetapi saya pikir mereka tentu akan senang sekali menerima panggilan dari luar Bhutan juga. Kode ISD untuk Bhutan adalah +975 dan kode untuk kota Thimpu adalah 2, jadi nomor yang akan dihubungi adalah +975 2 335280/+975 2
335281/+975 2 336309. Anda juga bisa menghubungi Sherpem Sherpa di facebook atau via e-mail di sherpems @ hotmail.com
73s, (Partha Sarathi, ibid.)

** KUWAIT. Biangnya QSL? Radio Kuwait, untuk siaran *dalam bahasa Arab* di 13650 kHz, 2 Mei 2010, mulai 1840z. Sertifikat QSL yang sangat besar dan full color, full data dengan tulisan, “This is certify that Bruce
Jensen is an official monitor of Radio Kuwait’s transmissions”; ditanda-tangani oleh Asst. Under Secretary untuk Engineering Affairs, tak terbaca. Juga setumpuk kiriman lain – CD-Rom mengenai negara Kuwait berikut data-datanya, stiker stasiun dalam bahasa Arab, dua kartupos berwarna, surat yang isinya menarik dan selembar informasi yang mengkilat dan full-color berisi jadwal siaran, daftar program dan Informasi & Data. Semuanya untuk lps saya *dalam bahasa Inggris plus terjemahan dalam bahasa Arab*, diterima dalam 22 hari. Wow! (Bruce Jensen, California, USA, May 26, ptsw yg via WORLD OF RADIO 1515, DXLD)
Mungkin akan lebih baik mengirim lps untuk siaran bahasa Inggris jam 18-21 di 15540 (gh)

** TAIWAN [non]. QSL: USA, 9800, Radio Taiwan Int’l siaran bahasa Spanyol ke Amerika Latin via Transmitter Okeechobee. Full data (dengan lokasi dan bahasa) kartu QSL Edison Cylinder Phonograph beserta kartupos mengenai usaha penyelamatan korban Typhoon Morakot, plus selembar blangko lps & jadwal. Balasan dalam 48 hari. Saya minta klarifikasi apakah siaran ini via Montsinery tetapi, yah mereka menyatakan transmitter Okeechobee, mungkin pergantian dari B09 ke A10 (Edward Kusalik, Daysland, Alberta, CANADA, May 28, DX LISTENING DIGEST)

** TAIWAN. Acara baru mengenai Taoism dimulai pada 1 Mei jam 1100-1157
UT di 7460 kHz via RTI untuk China Utara dan Manchuria, dan 1200-1300 UT di 1098 kHz untuk China Tengah dan Selatan. Saya tidak bisa menangkap nama stasiunnya. Kondisi penerimaan 7460 kHz bagus. Oembukaan acara oleh wanita, semua acara kata dalam bahasa China oleh penyiar pria.
http://ani.atz.jp/DX/mp3/20100529_2000_7460kHz.mp3 jam 1100 29 Mei
(S. Hasegawa, Japan, NDXC, May 29, dxldyg via DX LISTENING DIGEST)

SIARAN SHORTWAVE TENTANG TAOISM DARI TAIWAN

Siaran shortwave perdana tentang Taoism berjudul “Takai Shinlingde Suochi (kunci pembuka semangat)” telah dimulai pada 1 Mei dari Taiwan via lokasi transmitter CBS.
1100-1200 7460 kHz Huwei 100 kW ke China Barat Laut
1200-1300 1098 kHz Koufu 300 kW ke China Tengah dan Selatan
Acara tersebut diproduksi oleh organisasi Taoism yang baru saja berdiri “Ikuantao”(IKT), dan berupa informasi selama 1 jam mengenai Taoism dalam bahasa China setiap hari. Alamat korespondensi IKT adalah:
No.766 Tongping Road, Taiping City, Taichung County, Taiwan
URL: http://www.ikttv.org/ http://ikt.webu.com.tw/ (hanya dalam bahasa China)
Telephone: +886 4 2278 2091
Taoism adalah sistim pemujaan kuno di China, yang berpengaruh di Korea dan Jepang, tetapi mengalami penderitaan dan ditumpas habis di daratan China selama “Revolusi Besar Kebudayaan” tahun 1960-1970an. Sekarang mereka bangkit lagi di China dan Taiwan.

Penerimaan siaran bagus di Jepang di 7460 kHz, tidak ada jamming dari China di awal bulan Juni (Takahito Akabayashi, Japan, June 3, WORLD OF RADIO 1515, DX LISTENING DIGEST)

MUSEA

DX INFO DARI TAHUN 30AN & 50AN

Di tahun 30an ayah saya, sebagai seorang teenager adalah seorang pemburu DX MW. Di tahun 50an, seusai tugas keluarga, ia kembali ke radionya. Untuk menghormati ayah saya, saya scan daftar lognya, mulai tahun 1929 dan berlanjut sampai 1953. Ia melakukan semua itu dari Syracuse, NY.

Saya juga scan sekitar 150 surat verifikasi dan saya masukkan semuanya ke website saya. Sebagai tambahan, banyak lagi scan kartu-kartu QSL. Saya akan perluas lagi bagian itu setelah saya menyelesaikan beberapa proyek lain.

http://www.makearadio.com/qsl/index.php
Semuanya adalah halaman baru. Saya berharap akan menarik.
73, (Dave N2DS, ODXA yg via DXLD)

QSL lama yang sangat menarik, kebanyakan dengan frekuensi-frekuensi yang `salah`, seperti KOB ketika berada di 1180 (gh, DXLD)

KEMBALINYA MICROPHONE VOA SETELAH 34 TAHUN
Model bermutu tahun 1950an yang dipakai oleh Willis Conover yang legendaris

Washington, D.C., May 28, 2010 – Sebuah microphone bermutu yang dipakai oleh Voice of America selama siaran era Perang Dingin telah kembali ke kantor pusatnya di District of Columbia, terima kasih untuk curator yang bermata tajam di Smithsonian’s National Museum of American History, yang meminjam artefak itu 3 dekade sebelumnya.

Setelah perpanjangan waktu display, microphone VOA disimpan selama bertahun-tahun dalam sebuah kabinet penyimpanan di museum bersama microphone lainnya, termasuk satu yang pernah dipakai oleh Amelia Earhart dalam sebuah konperensi pers dan lainnya dari tipe lain yang pernah dipakai oleh Orson Welles selama Perang Dunia siaran yang melegenda.

Dihiasi pelat nama Voice of America yang ikonik, model Altec 639,
pertama kali dibuat di tahun 1940an, banyak dipakai oleh para brodkaster VOA, termasuk Willis Conover, pembawa acara Music USA Jazz Hour yang legendaris.
Diberi julukan “sangkar burung” karena tambahan sekeliling kepalanya, microphone itu setinggi 14 inci dan kira-kira seberat sebuah batu bata 3 pon, bagaikan raksasa dibandingkan dengan saudara-saudaranya di jaman modern.

Microphone itu dipinjamkan kepada Smithsonian di tahun 1976 dalam rangka eksibisi 200 tahun “A Nation of Nations,” dan ditempatkan di tempat penyimpanan yang aman bila eksibisi ditutup. Kurator Associate Museum Hal Wallace bertanggung jawab dalam urusan koleksi listrik museum dan sebagai bagian tugas rutinnya memeriksa microphone itu.

Direktur Voice of America Danforth W. Austin mengatakan, “Kami sampaikan penghargaan kepada Smithsonian atas pengembalian sebagian dari sejarah kami.”

Wallace, yang menyerahkan artefak itu kepada VOA, mengatakan bahwa barang itu tetap disimpan di kotaknya karena para kurator 30 tahun yang lalu, “mungkin berharap untuk memakainya untuk eksibisi lain.”

Microphone itu segera akan menjadi bagian dari public display di kantor pusat VOA, sebagai pengingat pada era pendahulu layanan broadcasting, jaman sebelum televisi dan internet, ketika radio merupakan satu-satunya sumber berita, musik, dan informasi bagi jutaan orang di seluruh dunia (VOA press release May 29 via DXLD; juga via Mike Terry)

RADIO PHILATELY

FORUM DI FILATELIA http://www.cifr.it/forum69.html

Halaman panjang dari Itali dengan banyak sekali QSL dan sampul-sampul, dari wilayah kepulauan Amerika Serikat, dan diskusi mengenai validitasnya; termasuk PULAU SWAN, yang memperlihatkan dari mana referensinya (gh)

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

4 responses »

  1. Lim Kwet Hian berkata:

    Hari ini saya sudah buka esweel yg selama ini belum tau. Sukses pak Ton ! Jia-you ! 加油 !
    Salam : akwet.

  2. mujiantoro berkata:

    Wah saya ini kurang gaul ya, hehe maklumlah awal mula pakai internet juga cuman pakai handphone. saya penasaran kok lama tak dapat kiriman email. eh ketemu disini. salam manis untuk semuanya. aku kan rajin mengunjungi website ini.

    • esweel berkata:

      Mungkin juga saya-nya yang kurang tanggap terhadap kemungkinan adanya rekan-rekan yang tidak membuka imel swl terakhir, swl 1.068. Terima kasih banyak, pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s