DX LISTENING DIGEST 10-23, June 10, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** KOREA SOUTH. KBS mengurangi 20% pekerjaan di tahun 2014.
KBS, broadcaster terbesar di Korea Selatan, menyatakan akan memangkas sekitar seperlima dari executive dan staffnya pada tahun 2014 dalam rangka apa yang dianggap sebagai program rasionalisasi terbesar dalam 84 tahun sejarah berdirinya. Hal itu menyangkut adanya kelebihan sebanyak 1,100 executive dan pegawai, dan mengurangi jumlah staff menjadi 4,400 dari 5,500 orang. Serikat pekerja sangat menentang rencana restrukturisasi itu.
Memperhatikan adanya penolakan, KBS mengatakan program rasionalisasi yang direncanakan itu sebagai moderat, dengan pertimbangan bahwa pada tahun 2013 sejumlah 800 pegawai akan memasuki usia pensiun. Sisanya sejumlah 300 orang akan dikurangi dengan cara menggabungkan posisi yang sama atau dengan mentransfer tugas lain yang lebih kecil ke perusahaan afiliasi.
“Pemangkasan itu dilakukan sampai level rendah dan peran sebagai broadcaster publik tidak akan terganggu oleh rencana tersebut,” kata Ahn Hee-goo, seorang pejabat senior KBS, kepada reporter. “Kami tidak akan melakukan pengurangan tenaga kerja yang hanya bersifat artifisial.”
KBS juga menyatakan bahwa pada bulan ini akan ditentukan berapa banyak kenaikan biaya bulanan yang dibebankan kepada para pemirsa TV. “Kami akan melaporkan detil rencana menyangkut kenaikan biaya itu kepada dewan pada akhir bulan ini,” kata pejabat tersebut.
Rencana reformasi itu memerlukan reorganisasi departemen dan kantor pusat agar lebih fokus pada kebutuhan customer. Untuk mencapai itu, Pusat Hubungan Audiens akan diupgrade menjadi Divisi Hubungan Audiens, satu tindakan yang menurut broadcaster akan membantu dalam memberi nilai tambah pada biaya televisi bulanan yang telah dibayar oleh para pemirsa. Mereka akan merekrut pegawai sebagai sebuah kelompok broadcasting yang terintegrasi – hal mana pada saat ini terbagi dalam reporter dan produser. “Dalam jangka panjang, kami akan memangkas ongkos kerja menjadi kurang dari 30 persen dibandingkan dengan biaya saat ini yang mencapai 37 persen,” kata pejabat itu.

KBS menunggu laporan dari Boston Consulting Group mengenai rencana reformasi itu. Tetapi, Serikat Pekerja KBS dan Kantor Pusat Serikat Pekerja Media Nasional (NUMW) KBS menentang rencana itu. Serikat Pekerja mengatakan akan menghentikan rencana reformasi apapun yang belum didiskusikan. “Rencana restrukturisasi perusahaan sama sekali tidak bisa diterima dan praktis tidak mungkin,” kata seorang anggota Serikat Pekerja.
Sekelompok pegawai KBS yang keluar dari Serikat Pekerja lama tahun lalu ketika terjadi sebuah pemogokan, telah mendirikan cabang dari NUMW di bulan Desember 2009 dan ditingkatkan menjadi Kantor Pusat NUMW di bulan Januari. Serikat Pekerja baru juga menentang rencana managemen. “Pada dasarnya kami menolak reorganisasi dan pemutusan hubungan kerja sama sekali tidak bisa diterima,” kata seorang pengurus Serikat Pekerja KBS yang baru.
(Sumber: Korea Times 7 Juni 2010 – 16:57 UTC oleh Andy Sennitt,
Media Network blog via WORLD OF RADIO 1516, DXLD)

Komentar mengenai “KBS mengurangi 20% pekerjaan di tahun 2014”
1. #1 Jonathan Marks tanggal 8 Juni 2010 jam 10:56
Memang sudah saatnya. Korea pakarnya di bidang animasi, on-line gaming, dan mungkin yang paling tahu tentang web di planet ini. Kemudian ada KBS yang kelihatannya benar-benar berada di waktu yang salah, broadcasting milik pemerintah dengan style tahun 1980an. Mereka mestinya bertanya kepada diri mereka sendiri apa yang bisa mereka lakukan dengan pengurangan 40% – dan pada saat yang bersamaan merangkul platform baru (komentar Media Network blog via DXLD)

** BBC News – ARSIP ONLINE PERANG DUNIA II BLETCHLEY PARK
Para pemerhati sejarah radio dan Perang Dunia II seringkali menyebut Bletchley Park Inggris sebagai sebuah aspek penting tentang penggunaan radio …dan bagaimana pesan-pesan di-decode. Mereka bisa menemukan artikel referensi yang menarik di http://news.bbc.co.uk/2/hi/uk/10239623.stm
(Richard Cuff / Allentown, PA USA, NASWA yg via DXLD)

** MUSEUM RADIO KUNO DEKAT KOTA DUBLIN

(Ini adalah sebuah museum yang indah dekat kota Dublin yang telah saya kunjungi bersama beberapa rekan DXer tahun lalu, benar-benar kunjungan yang bermanfaat – Mike).
Mulai awal bulan Mei sampai akhir bulan Oktober, Museum Radio Kuno di Howth dibuka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 4 sore [UT+1].
Sebuah penjelasan di buku pengunjung menyatakan bahwa mayoritas pengunjung berasal dari luar Irlandia yang telah mendengar tentang museum itu dari mulut ke mulut atau melalui internet. Sayangnya, banyak orang Irlandia sendiri yang sepertinya tidak menghargai apa yang ada di pintu masuk mereka.
Museum itu dijalankan dengan dasar sukarela non komersial oleh Pat Herbert, seorang kolektor memorabilia radio yang penuh semangat selama 50 tahun terakhir ini. Perjalanan ke Howth termasuk kunjungan ke museum itu sangat dianjurkan, khususnya selama bulan-bulan musim panas.
Kunjungan dari kelompok-kelompok kecil atau club sangat welcome. Saat ini museum tersebut berada di nomor 2 dalam kategori “Museum Aneh” di media kota Dublin.
Kelompok Howth Martello Radio mengoperasikan sebuah stasiun radio amateur, EI0MAR di akhir minggu dan amateur lainnya akan sangat senang bisa mengunjungi dan mengoperasikan stasiun itu dengan perjanjian lebih dulu.
Antenanya ada di atap Menara Martello. Sebuah antenna Cobwebb donasi dari Jack EI7HX, dan dipole 40 meter yang masing-masing belahannya membentuk huruf W tersedia untuk HF, sementara home-brew Slim Jim disiapkan untuk 2 meter dan 70 centimeter.
Rincian kontak dan informasi lain ada di website http://www.ei0mar.org
Anda juga nisa mengirim email ke info@ei0mar.org atau telpon ke 086-
8154189.
(Southgate
http://www.southgatearc.org/news/june2010/vintage_radio_museum.htm
via Mike Terry, BDXC-UK yg via DXLD)
‘Collectors Corner’ di Communication edisi Oktober 2009 menceritakan kunjungan ke museum ini. Juga bisa dibaca online dalam full colour di http://www.bdxc.org.uk – ikuti link ke halaman Articles Index kemudian tab down ke laporan pertemuan EDXC. Di halaman Articles Index juga ada sebuah daftar komplit – ‘Museum-museum Radio di Inggris & Irlandia’ (BDXC-UK moderator, ibid.)

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s