*** DX LISTENING DIGEST 10-24, June 17, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** NEW ZEALAND. SHORTWAVE AKAN TETAP BERPERAN PENTING DI PACIFIC
http://www.abu.org.my/abu/index.cfm/elementid/61486/Shortwave-will-continue-to-play-major-role-in-Pacific
Radio shortwave sepertinya tetap memainkan peran penting di wilayah
Pacific untuk jangka panjang, kata Peter Cavanagh, Chief Executive Radio New Zealand.
Dalam sebuah interview dengan ABU News, ia mengatakan bahwa kemajuan di bidang teknologi membantu Radio New Zealand International mendapatkan lebih banyak pendengar dan secara teknis memberikan sinyal lebih kuat dan bersih. Masih banyak orang yang mengandalkan shortwave.
“Saat ini kami mengudara ke wilayah Pacific memakai transmitter shortwave baik analog maupun digital (DRM). Kebanyakan stasiun mitra lokal kami sekarang memakai transmissi digital guna mendapatkan sinyal dengan mutu yang lebih baik dan lebih meyakinkan untuk re-broadcast ke audiens mereka.
“Tetapi banyak individu dan mereka yang tinggal di pulau-pulau yang jauh masih tetap sangat tergantung pada receiver analog – terutama pada saat-saat kritis seperti musim siklon – dan sepertinya shortwave analog akan tetap berperan penting di wilayah itu untuk tahun-tahun mendatang.”
Sekitar 20 stasiun radio di wilayah Pacific merelay materi RNZI setiap hari, dan individu pendengar shortwave dan pemakai Internet di seluruh dunia tune in langsung ke konten RNZI.
Pak Cavanagh mengatakan bahwa RNZI merupakan salah satu broadcaster pertama di wilayah itu yang mengadopsi broadcasting online dan menyediakan arsip yang komprehensif berita-berita dan informasi tentang wilayah Pacific. “Sementara koneksi Internet di wilayah Pacific masih belum merata, kami menyadari bahwa terdapat audiens online yang signifikan dan sedang tumbuh untuk program dan layanan RNZI,” katanya. Kunjungi RNZI di http://www.rnzi.com
(ABU 11 June 2010 via Mike Terry, dxldyg via DXLD)

** PRIDNESTROVYE. 9665, Radio PMR siaran bahasa Inggris, UT Senin 14 Juni 14 jam 0002, sinyal lebih bagus dari VOR di 9890. PMR tidak mengudara pada UT Sabtu dan Minggu, dan mungkin transmitternya dipakai untuk VOR pada hari-hari itu hanya pada jam 00-02 (Glenn Hauser, OK, DX LISTENING DIGEST)

Mohon perhatian, QSL yang mudah memperolehnya —
Dear friends, kemarin saya menulis email ke PMR Moldova untuk mendapatkan informasi tentang siaran bahasa Inggrisnya dan meminta jadwalnya. Pagi ini saat membuka email kantor saya, saya menerima balasan mereka beserta selembar QSL card lengkap yang menegaskan bahwa saya mendengarkan siaran-siaran mereka di SW. Saya coret QSL card yang sangat bagus dan berwarna itu karena saya yakin dan bersungguh-sungguh ingin menjadi seorang DX yang serius dan saya tidak senang memperoleh konfirmasi untuk siaran yang tidak pernah saya dengar. Bye (Dario Gabrielli, Itali Utara, June 11, DX LISTENING DIGEST)

** SPANYOL. Lokasi transmitter Radio Free Europe and Radio Liberty Playa de Pals
Teman-teman, di tahun 1950an IBB yang bertanggungjawab untuk semua transmissi Voice of America, Radio Free Europe and Radio
Liberty mulai membangun lokasi shortwave terbesar yang pernah ada di Eropa di sebelah selatan kota Barcelona di Playa de Pals. Dari sana mereka mentransmit sinyal yang sangat kuat (1 Megawatt atau lebih) ke Russia di era Perang Dingin.
Antara tahun 2000-2002 mereka tidak lagi mempergunakan situs itu. Di tahun 2006 situs tersebut dibongkar, dan semua menaranya diruntuhkan dengan dinamit. Sepertinya bangunan itu sekarang menjadi museum.
Saya temukan dokumentasi berdurasi 54 menit dari Cataluña Television yang memperlihatkan sejarah dan penghancuran situs tersebut. Bahasanya Spanyol tetapi saya bisa mengartikannya. Ini linknya:
http://www.tv3.cat/ptv3/tv3Video.jsp?idint=288799
Juga saya dapatkan satu website dengan banyak gambar, penjelasan skematis tentang situs itu dan lain-lain. Linknya:
http://www.radioliberty.org/introang.html
Semoga Anda senang, Salam, (Jan Oosterveen, Netherlands, June 10,
shortwavesites yg via DXLD)

Saya pernah menerima QSL card ukuran jumbo dari VOA: Feb. 6, 2008 2145 UTC 9565 kHz site: Playa De Pals, Spain dengan gambar The Liberty Bell. Foto keren sebuah genta dengan retakan besar di salah satu sisinya, dan dianggap melambangkan kemerdekaan Amerika. Seperti Dario Gabrielli pada tulisan di atas, saya tidak pernah mengakui QSL itu sebagai salah satu hasil monitoring saya. Berulangkali saya buka kembali buku harian saya tahun 2008, dan selalu tidak berhasil menemukan data terkait. Siapa tahu QSL card yang tanpa data nama pengirim lps – tetapi salah dikirim oleh VOA ke alamat saya – itu sebenarnya milik Anda? Coba cek, deh! TA

*** Dari koleksi album QSL:

**2008 Apr. 16 1800 9520 via Jászberény, Hungary

**2008 Apr. 17 2152 7555 via IBB Kuwait

Lps ke VOICE OF AMERICA English letters@voa.gov – QSL diterima dalam waktu 36 hari – Foto seorang stringer VOA sedang mewancarai penduduk kota Kabul, untuk siaran radio ke Afghanistan.

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

