DX LISTENING DIGEST 10-28, July 14, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** U S A. RADIO FREE OF BUREAUCRACY
By KIM ANDREW ELLIOTT Published: July 12, 2010

Arlington, Va. BBG-Broadcasting Board of Governors

Setelah 7 bulan bersidang, akhirnya Senat di penghujung bulan lalu menetapkan Broadcasting Board of Governors yang baru.
Dewan bipartisan yang sekarang dikomandani oleh mantan kepala CNN Walter Isaacson, mengawasi program-program yang didanai pemerintah di Voice of America, Radio Free Europe/Radio Liberty, Radio Free Asia, Radio Sawa dan Al Hurra TV bahasa Arab, dan Radio dan TV Martí, yang diarahkan ke Cuba.

Dewan menghadapi lingkungan media global yang semakin kompetitif. Yang menjadi benchmark adalah British Broadcasting Corporation’s World Service, yang memproduksi program radio dalam 32 bahasa, plus televisi dalam bahasa Arab dan Persi, dan per minggunya secara global punya pendengar radio sejumlah 180 juta orang — kira-kira 10 juta lebih banyak dari pendengar gabungan stasiun-stasiun international Amerika.

Mampukah B.B.G. menyamai sepupunya di BBC? Kelihatannya sulit, karena Presiden Obama baru saja meminta semua dinas-dinas federal untuk membuat rencana pembiayaan dengan pengurangan sejumlah 5 persen.

Mungkin sudah bisa dipastikan, salah satu masalahnya adalah budget cut. Di luar itu, BBC World Service memelihara pendengarnya dengan anggaran tahunan sejumlah $420 juta. Amerika Serikat membelanjakan sejumlah yang mendekati 2 kalinya untuk international broadcasting — $757 juta per tahun.

Penjelasan secara umum untuk perbedaan ini — bahwa BBC World Service memperoleh dukungan dari induknya, BBC domestik — sebenarnya tidak terlalu tepat. Seorang juru bicara World Service mengatakan kepada saya (dan memback-upnya dengan dokumentasi) bahwa BBC “melarang segala bentuk cross-subsidy apapun antara berbagai aliran dana.”

Alasan sebenarnya Amerika Serikat membelanjakan begitu banyak dana adalah bahwa selain tidak memiliki satu badan yang memproduksi semua siaran, badan siaran internasional Amerika merupakan kumpulan dinas-dinas yang seringkali melebihi kebutuhan dan bekerja di bawah bendera Dewan Gubernur.

Lebih dari 20 bahasa yang diliput oleh siaran Amerika, baik Voice of America maupun stasiun-stasiun Radio Free “bergantian” menyiarkan program. Teori yang mendasarinya adalah bahwa stasiun Radio Free menyiarkan berita tentang negeri sasaran, sementara Voice of America menyajikan berita-berita mengenai Amerika Serikat dan dunia umumnya. Kalau itu benar, pendengar harus tune in ke 2 stasiun Amerika pada waktu dan frekuensi yang berbeda untuk memperoleh liputan berita selengkapnya. Nyatanya V.O.A. secara extensif juga mengcover negeri-negeri sasarannya. Kalau tidak, tidak seorangpun akan mendengarkannya. Akhirnya terjadilah banyak duplikasi.

Broadcasting Board of Governors yang baru punya kesempatan untuk mengubah semua itu. Sebaiknya diusulkan kepada Kongres dan administrasi Obama penggabungan badan-badan siaran yang terpisah ke dalam satu korporasi di bawah supervisi dewan, seperti di BBC World Service. Hal ini akan mencegah duplikasi dan mengurangi overhead, menggantikan budget cut sebesar 5 persen itu dan masih banyak lagi. Hal itu juga akan menyisihkan sejumlah uang untuk investasi di televisi, sebuah medium mahal yang diperlukan untuk menarik audiens di banyak negeri sasaran.

Campur aduk birokrasi siaran saat ini, yang dibuat selama puluhan tahun oleh legislasi ini dan itu, harus digantikan oleh sebuah struktur yang terkonsolidasi yang mampu menambah jumlah audiens tanpa menambah beban para pembayar pajak.

Kim Andrew Elliott, seorang analis riset audiens untuk United States
International Broadcasting Bureau, mengajar komunikasi di University of Massachusetts dan the University of Wisconsin-Stevens Point dan blog dalam international broadcasting.

Sumber: Radio Free of Bureaucracy http://nyti.ms/9f6Zie
(NY Times Op-Ed, via Yimber Gaviria, Colombia)

http://www.nytimes.com/2010/07/13/opinion/13elliott.html
(via Benn Kobb, Mike Cooper, DXLD)

http://www.nytimes.com/2010/07/13/opinion/13elliott.html?emc=eta1
(via David Cole, TX, DXLD)

[Sebelumnya:] Sebuah koran besar di Pantai Timur hari ini akan menerbitkan tulisan dan opini saya, himbauan untuk reformasi siaran internasional Amerika Serikat. Koran tersebut telah menjanjikan satu slot untuk opini itu sejak bulan Januari. Kalau/kapan itu diterbitkan, saya jamin bahwa saya tidak akan disebut sebagai Pegawai Federal Agung yang selalu mempersoalkan penambahan anggaran bagi dinas-dinasnya.
(Kim Andrew Elliott, July 10, kimandrewelliott.com via DXLD)

BBG MENGUMUMKAN PROFIL ANGGOTA-ANGGOTA BARUNYA
http://blogs.rnw.nl/medianetwork/bbg-publishes-profiles-of-new-members
(Media Network blog via DXLD)

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s