[HCDX] Stasiun angka yang mbeling
From: Eike Bierwirth
To: Hard-Core-DX@hard-core-dx.com
Date: Tue, Jun 29, 2010 4:17 pm

Rekan-rekan,

menurut sebuah interview pagi ini di Deutschlandfunk, Jerman, mata-mata Russia yang telah ditangkap di Amerika Serikat juga memanfaatkan transmisi shortwave untuk menyiarkan angka-angka dalam kode morse. Walaupun dokumen-dokumen yang masih perlu pembuktian dan bisa didownload di
http://www.justice.gov/opa/pr/2010/June/10-nsd-753.html
itu tidak secara eksplisit menyebutkan adanya kegiatan transmisi, dijelaskan adanya pemakaian siaran angka via SW dari Moscow. Seluruh dokumen menarik untuk dibaca sebagai sebuah cerita spionase klasik, inilah bagian di mana terkait SW (dokumen #2):

[kutipan mulai]
27. Radiogram memecahkan serangkaian data yang dikirim oleh sebuah radiotransmitter yang bisa ditangkap dengan sebuah radioreceiver yang telah diset ke frekuensi yang sesuai. Waktu ditransmit, biasanya radiogram berbunyi seperti transmisi kode Morse. Seperti yang akan diuraikan di bawah, kegiatan Ilegal itu telah dikomunikasikan dengan Moscow Center melalui radiogram.

28. Contoh, sebagai hasil dari Penyelidikan Boston 2006, para teknisi menemukan Pesan-pesan Elektronik Konspirator Boston. Sekitar 5 dari pesan-pesan itu menjelaskan adanya pengiriman atau penerimaan sebuah “RG.” Berdasarkan training saya, pengalaman, dan partisipasi dalam investigasi ini, saya yakin bahwa yang dimaksud dengan “RG” adalah “radiogram.”

29. Sama juga, sejumlah Pesan-pesan Elektronik Konspirator New Jersey menyebutkan adanya pengiriman atau penerimaan sebuah “RG.” Contohnya, sebuah pesan dalam bulan Januari 2009 dari Moscow Center untuk dibaca Konspirator New Jersey, bagian yang relevan:
“Agar dipastikan radioequipment [sic] Anda untuk penerimaan RG dalam keadaan siap. Kami merencanakan untuk mengirim sejumlah test Rg [.]” Berdasarkan training saya, pengalaman, dan partisipasi dalam investigasi ini, saya yakin bahwa yang dimaksud dengan “RG” adalah “radiogram.”

30. Selanjutnya, sepanjang Penyelidikan Seattle 2006, para petugas law-enforcement memasuki apartemen Seattle dan di sana menemukan sebuah radio yang bisa dipergunakan untuk menerima transmisi radio short-wave. Sebagai tambahan, para petugas menemukan dan mengambil gambar buku-buku catatan berspiral, yang beberapa halaman di antaranya jelas berisi kolom-kolom dengan angka-angka. Berdasarkan training saya, pengalaman, dan partisipasi dalam investigasi ini, saya yakin bahwa radio di apartemen Seattle dipakai oleh Konspirator Seattle untuk menerima radiogram — dan bahwa buku catatan berspiral itu berisi kode-kode untuk memecahkan isi radiogram yang diterima.

31. Terakhir, sepanjang tahun 2003, para petugas law-enforcement, sesuai dengan peraturan judisial, masuk ke dalam komunikasi oral yang mengambil tempat di Yonkers House. Setidaknya pada 5 kejadian dalam tahun 2003, penyelidikan oral menemukan suara-suara klik elektronik mereka bergabung dengan penerimaan transmisi radio yang berkode. Berdasarkan training saya, pengalaman, dan partisipasi dalam investigasi ini, saya yakin bahwa suara-suara klik elektronik yang terdengar di Yonkers House adalah suara-suara sebuah transmisi radio yang diterima dari Moscow Center. Sebagai tambahan, penyelidikan oral menunjukkan bahwa pada atau sekitar 6 Mei 2003, J.L., tersangka, mengatakan kapada V.P., tersangka, bahwa ia “sedang menerima” “radio” “dari sana.”
[kutipan selesai] [nama-nama disingkat karena privasi para tersangka dilindungi oleh press codex Jerman, yang harus dihormati sepanjang mereka “dianggap tidak bersalah kecuali dan sampai terbukti bersalah” oleh undang-undang — eb]

Enjoy reading!
Eike

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s