Adventist World Radio
AWR “Wavescan” – DX Program

* Program No NWS69 (ENGPU_WAVE_20100620)
* Production Date Tuesday June 15, 2010
* Uploaded Date
By – EDT Wednesday June 16, 2010 8:00 pm EDT UTC
Thursday June 17, 2010 0000 UTC
Singapore Morning, Thursday June 17, 2010
* Broadcast Date Sunday June 20, 2010
* Research & Script Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA
* Recording Studios of shortwave station WRMI, Radio Miami International, Miami
* Distribution AWR Network

Wavescan NWS69

* Non-QSL Cards – Mediumwave & Shortwave

Bisa saja terjadi monitor radio internasional kawakan di manapun di dunia ini mengalami hal yang memalukan karena menerima pemberitahuan dari beberapa stasiun shortwave di satu tempat bahwa lps-nya tidak bisa memperoleh verifikasi, karena adanya beberapa kesalahan dalam lps itu. Nyatanya, kadang-kadang pendengar memang membuat kesalahan, dan kadang-kadang kesalahan ada di pihak staff stasiun radio. Bagaimanapun juga penerimaan bentuk komunikasi semacam ini benar-benar membuat kecewa pendengar. Jadi,hanya selembar kartu atau mungkin surat non-QSL.
Untuk menghadapi hal-hal semacam itu beberapa stasiun siaran shortwave internasional telah mencetak kartu-kartu khusus yang memberi outline masalah senada, dan dikirimkan ke alamat pendengar, sebagai pengganti kartu QSL yang diinginkan.
Misalnya, Radio Netherlands di Hilversum Holland, sekitar 40 tahun yang lalu mencetak kartu khusus yang adalah kartu non-QSL. Di satu sisi bergambar peta dunia dalam 2 warna, dan di bagian data tertulis sebuah pernyataan yang memberi indikasi apresiasi untuk komunikasi dari pendengar, tetapi detil penerimaan siaran tidak benar. Pendengar diminta untuk mengirim lps lagi.
Setidaknya ditemukan 2 bentuk kartu semacam ini, perbedaannya hanyalah pada variasi warna di peta. Yang menarik, Radio Netherlands juga menggunakan desain yang persis sama dengan kartu QSL aslinya.
Pada kesempatan lain Radio Netherlands mengeluarkan kartu non-QSL lain yang sangat sederhana pada kedua sisinya. Di bagian teks terdapat kotak-kotak kecil yang bisa ditandai dengan X yang memberi informasi bahwa terdapat kesalahan dalam lps pendengar.
Bertahun-tahun lalu Radio Canada International juga mengeluarkan kartu non-QSL untuk tujuan yang sama, dicetak dalam bahasa Inggris dan Perancis pada kartu yang berwarna hijau.
Umum juga dipakai kartu-kartu QSL yang bisa dipergunakan untuk kedua tujuan; yaitu memberi verifikasi lps ataupun menunjukkan bahwa lps itu mengandung kesalahan. Kartu tertua golongan ini dalam koleksi Indianapolis Collection diterbitkan oleh stasiun mediumwave KGU di Honolulu dari tahun 1930an. Sebuah tanda X bisa dicantumkan di garis yang berarti memberi verifikasi lps, atau di garis lain yang berarti lps yang bersangkutan tidak benar. Yang menarik, baris ke 3 pada kartu semacam itu menunjukkan bahwa program KGU juga bisa didengar di shortwave dari stasiun komunikasi RCA yang berlokasi di Kahuku di ujung utara pulau Oahu.
Stasiun Gospel besar, HCJB di Quito Ecuador, juga mengikuti konsep yang sama dalam kebanyakan kartu-kartu QSL mereka. Misalnya seri kartu QSL yang diterbitkan dalam tahun 1970an memuat 2 pilihan; apakah memberi verifikasi lps, atau menyatakan bahwa lps tidak benar. Yang menarik, kartu-kartu ini ditanda-tangani oleh Roger Stubbe yang saat itu menjabat sebagai Director of Engineering untuk stasiun shortwave HCJB.
Kembali ke tahun 1960an, BBC Far Eastern Relay station di Singapore menerbitkan kartu teks sederhana dengan memberi 4 kemungkinan:-
Lps sesuai dengan jadwal.
Informasi pendengar tidak benar.
Yang dimaksud oleh lps mungkin merupakan rebroadcast siaran BBC di stasiun lain.
Lps tidak sesuai dengan transmisi BBC manapun.
Dalam kartu BBC dari Singapore ini, X menandai spot yang paling sesuai. Walaupun begitu perlu dinyatakan, jarang sekali dalam sejarah BBC pernah secara resmi memberitahu pendengar dengan selembar kartu QSL yang valid.
Yang paling menarik adalah kartu-kartu QSL yang diterbitkan oleh New Zealand Broadcasting Service untuk jaringan stasiun-stasiun relay mediumwave-nya di kedua pulau. Dalam koleksi Indianapolis Collection terdapat lebih dari 80 kartu QSL semacam itu, dengan tulisan hitam dicetak pada kartu berwarna pink cerah. Kartu-kartu ini tidak memberi informasi spesifik apapun mengenai stasiun yang diberi verifikasi dengan cara ini dan dipergunakan selama jangka waktu sekitar 20 tahun, sejak tahun 1936 sampai pertengahan 1950an.
Sebuah penelitian mendalam mengenai kartu-kartu ini menunjukkan bahwa setidaknya terdapat 9 cetakan berbeda, semuanya dengan style nyaris sama. Kartu-kartu khusus yang memberi identifikasi stasiun sebenarnya beserta callsign dan lokasinya, dicetak untuk stasiun pusat dalam jaringan YA, yaitu:-

1YA Auckland
2YA Wellington
3YA Christchurch
4YA Dunedin

Semua kartu-kartu lain dengan style pink cerah yang sama sudah umum dan biasa dipergunakan untuk verifikasi lps banyak stasiun-stasiun mediumwave yang mengudara dalam jaringan siaran pemerintah. Kartu yang sama juga memberi verifikasi siaran-siaran berita dari stasiun shortwave ZLT7 di tahun 1945 dan 1946, dan juga untuk stasiun 2AP di Apia di Samoa New Zealand.
Hal yang menarik menyangkut kartu-kartu QSL khusus ini adalah bahwa merekapun bisa menolak lps yang valid. Satu baris menyatakan bahwa lps di beri verifikasi, sementara baris di bawahnya menyatakan bahwa lps tidak berisi informasi yang memadai untuk verifikasi. Sekretaris di stasiun yang memeriksa lps itu cuma memberi tanda X dengan mesin tik di baris yang tidak benar jadi mengosongkan baris yang benar.
Itulah semua. Bahkan kartu-kartu non-QSL bertahun-tahun lalupun masih menyimpan sejarah radio yang benar-benar menarik.

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s