Adventist World Radio
AWR “Wavescan” – DX Program

* Program No NWS76 (ENGPU_WAVE_2010 0808)
* Production Date Tuesday August 3, 2010
* Uploaded Date
By – EDT Wednesday August 4, 2010 8:00 pm EDT
UTC Thursday August 5, 2010 0000 UTC
Singapore Morning, Thursday August 5, 2010
* Broadcast Date Sunday August 8, 2010
* Research & Script Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA
* Recording Studios of shortwave station WRMI, Radio Miami International, Miami
* Distribution AWR Network

* Awal Adventist World Radio di Asia Selatan

Sejarah panjang dan menarik siaran radio Adventist di negara-negara Asia Selatan berawal dari sejak dimulainya percobaan siaran radio. Di tahun 1925, pengikut Adventist dari New Zealand, Elder Reuben E. Hare, membuat siaran radio pertama yang bersejarah Asia Selatan atas nama Adventist. Pada jam 6:00 petang tanggal 25 September, ia berkhotbah melalui stasiun siaran MW komersial Walter Rogers, 2AX di Bombay.

Siaran perdana Adventist di shortwave international dilakukan oleh Elder L. B. Losey pada tahun 1937 melalui stasiun siaran radio VU7MC, yang dioperasikan oleh pemerintah Travancore di Mysore, India. Sebenarnya siaran ini merupakan seri siaran-siaran radio atas nama Spicer College, yang berlokasi di dekat Bangalore waktu itu.

Siaran radio internasional di shortwave diperkenalkan secara umum pada tahun 1950 dengan memakai rekaman cakram setengah jam yang besar dan kuno milik Dr. H. M. S. Richards dan Voice of Prophecy. Siaran radio perdana ini mengudara pada hari Minggu tanggal 30 April pada jam 9:00 pagi dari Emisora Goa di pantai India.

Menyusul kemudian di tahun yang sama, dibuat sebuah perjanjian dengan Radio Ceylon, di Colombo Sri Lanka untuk siaran-siaran reguler tambahan dari Voice of Prophecy. Radio Doctor Anda dengan Dr Clifford Anderson dari Australia menyusul 3 tahun kemudian, dan segera setelah itu diperkenalkan program dalam bahasa-bahasa setempat.

Pada tahap inilah siaran radio internasional pengikut Adventist di Asia Selatan diorganisasikan sebagai AWR-Asia (kemudian menjadi AWR-Asia Selatan). Programming radio tambahan juga mengudara dari stasiun-stasiun lokal dan shortwave yang berlokasi di Afghanistan, Burma, Kepulauan Maldive, Bhutan dan Bangladesh.

Di masa ini juga SLBC Colombo meminta sebuah program DX. Siaran ini disiarkan sebagai Radio Monitors International pada hari Minggu tanggal 1 Juni 1975. Program ini – 35 tahun kemudian – sekarang masih mengudara sebagai Wavescan.
Pada puncak tertingginya di bidang radio internasional dari fasilitas shortwave milik Sri Lanka Broadcasting Corporation, AWR-Asia Selatan telah mengudara dalam lebih dari 10 bahasa, dengan sasaran wilayah Asia Selatan, Timur Jauh, Afrika, Timur Tengah, Eropa dan Amerika Utara. Sambutan melimpah melalui pos datang dari lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Ketika KSDA diresmikan di Guam pada tahun 1987, mereka mengambil alih nama AWR-Asia, dan program Poona-Pune dipindahkan dari Colombo ke Guam.

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s