SELAMAT IDUL FITRI khususnya bagi rekan-rekan yang berhasil memenangkan peperangan dalam bulan Ramadan ini. Mohon maaf lahir dan batin. TA

DX LISTENING DIGEST 10-35, September 2, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** VIETNAM [non].
Hi Glenn,
Kemarin sore saya tuned in akhir siaran bahasa Inggris Voice of Vietnam. Jam 0228 terdengar Interval Signalnya yang telah beberapa kali saya dengar, tetapi setiap kali mendengarnya selalu membuat saya terpesona, terutama karena bunyinya. Apakah anda tahu bunyi alat atau peralatan apa itu? Terdengarnya seperti bunyi semacam gong, yang merupakan bagian integralnya. Bisakah anda memberi keterangan? Saya pikir itu bagian dari koleksi musik Vietnam yang mungkin saya bias download atau beli dalam bentuk CD. Terima kasih, Glenn. Saya sudah lama tidak mendengarkan radio; ada tugas-tugas lain dalam 2 minggu terakhir ini. 73’s, (Ed Insinger, NJ, DX LISTENING DIGEST)
Ed, mungkin saya bisa menjawabnya, tetapi belum bisa memonitornya pada jam 0228 sampai malam ini.Musik yang terdengar selama 2 atau 3 menit itu bukan dari Vietnam ataupun Voice of Vietnam. Itu adalah pengisi suara (interval signal?) dari VT Communications, kemungkinan dari master control London, bukan hanya untuk relay ini saja tetapi juga terdengar pada berbagai waktu pada frekuensi lain. Ada kalanya terdengar lama ketika sumber suaranya hilang, seperti misalnya yang terjadi pada siaran via Afrika Selatan. Pada siaran-siaran VOV biasanya begitu juga. Saya telah beberapa kali mendengarnya pada jam 0527-0530 di 6175, persis sebelum closing siaran ulang VOV untuk Amerika Utara bagian barat. Saya kira setiap malam selalu seperti itu (Glenn kepada Ed, via DXLD) Thanks, Glenn. Ya, saya tahu musik itu juga terdengar kalau tiba-tiba siaran VOV berhenti. Sekedar coba-coba, saya akan mengirim e-mail ke VT Communications dan menanyakan hal musik itu. Mereka memang tidak memberi verifikasi lps, jadi sayapun tidak yakin mereka akan menjawab pertanyaan saya, tapi biarlah saya coba. Saya akan memberitahu anda kalau ada jawaban mereka, Glenn.73’s, (Ed Insinger, ibid.)

QSL BARU DITERIMA

1. NHK WORLD
2 April 2010, 1235-1251, 17690 Talata Volonondry, Madagascar
Lps ke nhkworld@nhk.jp

2. NHK WORLD
3 April 2010, 0503-0511, 15205 Tashkent, Uzbekistan
Lps ke nhkworld@nhk.jp

3. DEUTSCHE WELLE
21 Juni 2010, 2317-2330, 9785 Kimjae, Korea Selatan
Lps ke info@dw-world.de

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

2 responses »

  1. Hendriko berkata:

    hai Pak Ton,
    apa kabarnya nih?
    Hendrik & keluarga mengucapakan:
    SeLamat IdulFitri, mohon maaf lahir bathin.
    Salam buat keluarga di depok

Tinggalkan Balasan

