*** [dxld]

RRI perbesar siaran luar negerinya
Dari: Alokesh Gupta
Kepada: dxld@yahoogroups.com; CUMBRE DX

Memperingati ulang tahunnya yang ke 6 [sic], radio pemerintah RRI berencana untuk memperbesar program siaran luar negerinya guna melayani 2.68 juta pekerja migran Indonesia di seluruh Asia dan Timur Tengah.

Cerita selengkapnya di : http://tinyurl.com/2frla4v

Alokesh Gupta
New Delhi

*** DX LISTENING DIGEST 10-36, September 8, 2010
Incorporating REVIEW OF INTERNATIONAL BROADCASTING
edited by Glenn Hauser, http://www.worldofradio.com

** ANDORRA. RADIO ANDORRA — Dengan senang hati saya kirimkan prangko yang baru diterbitkan di Andorra (24 Mei 2010). — TONY LEGENDRE

Saya sertakan juga beberapa informasi mengenai stasiun ini dari Internet — ditulis kembali oleh Arthur Ward dari Wikipedia dan http://f5nsl.free.fr/andorre/

TIGA KATA MAGIS YANG MENGUBAH ORANG BIASA MENJADI PEBISNIS KAYA
Ini mengenai judul sebuah artikel panjang yang diterbitkan oleh “Le Journal de Genève” dibuat oleh Tibor Denes. Kami sangat ingin sekali mengutip beberapa bagian dari artikel ini untuk anda. Disajikan dengan puitis dan romantis dengan inspirasi oleh pimpinan kami untuk sebagian besar pengunjung asing, sejarah stasiun kami benar-benar akurat dan di atas semuanya, disajikan dengan penuh humor.

“Pada suatu hari, aliran udara mentransmit ke seluruh dunia kata-kata magis “AQUI RADIO ANDORRA”. Sebuah stasiun radio komersial pertama di Eropa telah lahir. Andorra merupakan sebuah tempat ideal untuk usaha semacam itu. Tidak ada jalan kereta api, tidak ada pesawat terbang, tidak ada bangunan-bangunan industri, tidak ada kebisingan yang memecah kesunyian wilayah pegunungan, ataupun suara speaker”.

“Kemudian, jam demi jam, pelan-pelan, di manapun di dunia orang mendengar kata-kata ini: “AQUI RADIO-ANDORRA” dan banyak di antaranya membuka atlas mereka untuk menemukan tempat kecil ini, yang nyaris tidak dikenal sampai sekarang. Para pengusaha turisme, dengan maksud untuk melayani semakin bertambahnya jumlah pelanggan, juga melirik ke peta-peta mereka. Agen-agen mereka segera saja merambah kerajaan Co-Princes ini: Mereka menemukan gunung besar dan mengesankan bagi para skier, langit indah, udara bersih, tempat-tempat yang sangat visual dan bahkan, sebuah mata air yang bisa menambah kesehatan, tetapi tidak ada hotel dan kamar-kamar yang comfortable, begitu juga toko-toko souvenir, pub, restoran: atau fasilitas turisme. Tetapi diharapkan itu tidak akan lama begitu.

“Ada lagi: Suatu hari saya berdiri di depan bukit di mana stasiun RADIO ANDORRA berada. Banyak mobil lewat tanpa berhenti (satu mobil untuk setiap 3 orang penduduk). Ada juga pejalan kaki; semuanya dengan pandangan sedikit mengagumi bangunan abu-abu gelap layaknya melihat sebuah gereja. Sebenarnya para vassal Co-Princes tidak akan pernah melupakan bahwa masa-masa yang menakutkan segera berakhir ketika dunia mendengar untuk pertama kali kata-kata magis “AQUI RADIO-ANDORRA”, karena sejak itu tak seorangpun akan mengucapkan nama Andorra tanpa membayangkan stasiun radionya yang penuh keajaiban itu. Itu merupakan legenda negara terkecil ke 5 di benua kami”

Radio Andorra adalah nama salah satu radio swasta Prancis tertua, yang dari tahun 1939 sampai 1981 punya satu lisensi siaran di Andorra.

Siaran dimulai pada 7 Agustus 1939 oleh Jacques Tremoulet, yang juga merupakan pemilik perusahaan siaran Radiophonie du Midi, yang sudah mengudara dari Toulouse, Montpellier, Bordeaux dan Agen. Di wilayah Andorra membypass monopoli negara untuk tidak melakukan siaran dalam wilayah Prancis. Pada siaran perdananya Radio Andorra secara exclusive adalah sebuah program musik yang hanya diinterupsi oleh ucapan “Aqui Radio Andorra.”

Selama Perang Dunia ke 2 program musik disiarkan untuk para pejuang di Prancis dan Afrika Utara. Baik Jerman maupun pasukan Sekutu saling berusaha untuk mengontrol radio tanpa satupun yang berhasil karena netralitas Andorra merupakan sebuah perisai. Pada akhir perang Jacques Tremoulet dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Prancis karena dakwaan kolaborasi. Awalnya ia diterbangkan ke Spanyol, kemudian ke Swiss, dan akhirnya ke Prancis, di mana ia dibebaskan pada tahun 1949. Selama waktu itu Radio Andorra sebaliknya mengalami masa sulit karena sangat susah untuk bisa didengar di Prancis. Setelah berkembang pelan di tahun 1950an dan awal 1960an Sud Radio menyaingi Radio Andorra karena didukung oleh pemerintah Prancis sejak berdirinya di tahun 1968.

Tahun-tahun akhir Radio Andorra ditandai dengan kekurangan dana dan menurunnya daya transmitter sehingga hanya bisa didengar di seputar Andorra. Karena perlunya pendirian sebuah jaringan siaran yang terpisah untuk penguasa Andorra, ijin siaran berakhir di tahun 1981. Bagaimanapun, menara-menara transmissi di danau Engolasters di Encamp masih tetap berdiri menjulang (Sept WDXC Contact via DXLD)

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s