swl 2.017

Adventist World Radio
NWS90.doc
AWR “Wavescan” – DX Program
* Program No NWS90 (ENGMI_WAVEx_20101114)
* Production Date Tuesday November 9, 2010
* Broadcast Date Sunday November 14, 2010
* Research & Script
Dr. Adrian M. Peterson, Indianapolis, Indiana USA

* Stasiun Radio Amerika di New Guinea Belanda – On AIr di Hollandia
Di acara hari ini, kami kembali melihat radio shortwave radio di pulau New Guinea di sebelah Utara Australia di Barat Daya Samudra Pacific. Yang menarik adalah bahwa kata Guinea punya banyak variasi yang berlainan, baik pengertian maupun pemakaiannya. Ada beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan di mana kata Guinea menjadi bagian dari nama negara. Misalnya, ada Guinea Bissau dan Equatorial Guinea di Afrika, kemudian ada nama-nama yang lebih tua Guiana Belanda dan Guiana Inggris di Amerika Selatan, dan tentu saja, New Guinea di Pacific Selatan.
Di dunia alam, Anda akan temukan Ayam Guinea, atau mungkin lebih suka Babi Guinea. Ada juga koin emas Inggris, Guinea, yang diedarkan pertama kali dalam tahun 1663, dengan nilai 21 shilling. Alasan pemakaian nama itu adalah karena nyatanya emas untuk koin itu didatangkan dari negeri Guinea di Afrika.
Bisa dimengerti bahwa kata Guinea masuk dalam perbendaharaan bahasa Inggris melalui bahasa Portugis, dan aslinya berasal dari bahasa Afrika, Berber,yang menjelaskan penduduk Hamitis asli yang hidup di sana.
Dalam topik radio kami hari ini, kami menuju ke bagian Indonesia dari pulau New Guinea. Bila Anda melihat bentuk pulau itu seperti seekor burung, katakan Bird of Paradise, Anda akan temukan kota Hollandia dekat puncak punggung burung itu, sedikit masuk ke perbatasan Belanda lama.
Kota Hollandia didirikan oleh orang-orang Belanda di tahun 1910 sebagai pusat administrasi kolonial. Selama abad sebelumnya, Hollandia mengalami sekian kali pergantian nama, di antara nama-nama lamanya adalah Kota Baru dan Sukarnapura; dan sekarang menjadi Jayapura. Tetapi dalam sejarah radio hari ini, tetap disebut sebagai Hollandia.
Pada beberapa kesempatan sebelumnya kami sampaikan cerita tentang stasiun eksplorasi Amerika di Hollandia, PK6XX, karena itu pada kesempatan ini kami akan ceritakan cerita tentang 2 stasiun radio shortwave di lokasi yang sama.
Sebenarnya ada 2 stasiun shortwave besar didirikan nyaris berdampingan di Hollandia. Satu stasiun didirikan oleh Angkatan Laut AS dan dipergunakan untuk tujuan komunikasi, dan kadang-kadang untuk menyampaikan berita dan informasi untuk Australia dan AS. Stasiun lainnya khusus didirikan atas permintaan Jendral Douglas MacArthur terutama guna menyampaikan laporan berita dan komentar untuk Australia dan AS, dan juga dipakai beberapa kali untuk tujuan komunikasi reguler.
Tidak diketahui stasiun mana yang dipakai lebih dulu, tetapi stasiun komunikasi MacArthur yang lebih dulu diketahui mengudarar. Dikenal dengan callsign yang dibuat sendiri yang tidak umum XBC, stasiun ini diketahui di Australia dalam bulan Oktober 1944 dengan relay berita dan komentar untuk di re-broadcast di AS.
Melalui perjalanan waktu, stasiun XBC tercatat di lebih dari setengah lusin channel shortwave, dan selalu dengan berbagai bentuk laporan berita untuk dire-broadcast di jaringan NBC dan ABC di AS. Tetapi siaran harian ini tidak langsung dipancarkan ke Amerika Utara, melainkan lebih ke Brisbane di Australia. Di sini diterima di stasiun penerima Amerika yang berlokasi di Capabala di pinggiran Brisbane kemudian di re-transmit ke AS via stasiun yang berdekatan di Hemmant.
Informasi yang ada menyebutkan bahwa stasiun sementara XBC mungkin hanya dipakai kira-kira kurang dari setahun. Hal itu membuktikan bahwa transmitter di XBC diperkirakan hanya sekitar 10 kW atau kurang. Lokasi khusus stasiun berada di Skyline, Hollandia, di New Guinea Belanda, sekarang dikenal sebagai Jayapura di Irian Jaya. Terdapat laporan yang menyatakan bahwa beberapa dari anjungan antena yang berusia sekitar 65 tahun itu masih tetap berdiri di tempat aslinya.
Stasiun komunikasi shortwave lain di Hollandia berada di Bukit Sinyal, dan sekarang ini wilayah tersebut masih tetap dikenal dengan nama tersebut. Dibangun oleh Angkatan Laut AS, stasiun itu diresmikan kira-kira pada waktu yang sama sepanjang tahun 1944 seperti stasiun shortwave lainnya, dan dipakai kira-kira dalam rentang waktu yang sama.
Di bulan Nopember 1944, dua callsign yang dikenal di New Guinea Belanda terdengar di Australia dengan apa yang kami kenal sebagai transfer komentar berita. Stasiun-stasiun ini adalah WVLS di 18270 kHz dan WLVC di 14830 kHz dan diperkirakan bahwa relay shortwave ini berasal dari stasiun AL Amerika yang berada di Hollandia. Callsign WVLS dan WLVC kelihatannya callsign yang dibuat sendiri sama seperti callsign WVLC yang telah dipakai selama era yang sama oleh kapal radio Apache. Telah diketahui bahwa pada saat itu Apache berada di wilayah tersebut.
Yang menarik, seperti telah dijelaskan dalam Wavescan minggu lalu, layanan komunikasi shortwave ke Pilipina yang beroperasi dari stasiun KAZ di Sungai Adelaide di Northern Territory Australia, ditransfer ke stasiun Angkatan Laut di Hollandia New Guinea pada tanggal 21 November 1944.
Tetapi ketika personil Amerika di Hollandia dipindahkan kemudian di tahun-tahun 1944 dan1945, dua stasiun sementara shortwave di Hollandia ditutup. Diketahui bahwa stasiun Angkatan Laut KAZ direlokasi di Pilipina, dan kami perkirakan bahwa peralatan stasiun komunikasi XBC juga ditransfer untuk dipakai di Pilipina.

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s