swl 2.018

CONTACT – WORLD DX CLUB
Radio Topics – August 2010
tulisan Arthur Ward.
Terjemahan bebas oleh Tony Ashar dengan seijin World DX Club.

Sebuah kisah pendek. Terkadang seorang member mengeluhkan hilangnya sebuah stasiun sw, tetapi saat ditanya kapan dia benar-benar mendengar siarannya, diakuinya tidak begitu sering. Kebanyakan mengatakan Swiss bagus tetapi Portugal, Finland dan satu atau dua stasiun lainnya, tidak. Dari sudut entertainment, hilangnya Radio Moscow ketika tembok di Jerman runtuh cukup mengagetkan dan sebuah stasiun baru menggantikannya di Eropa Timur dengan nama Radio Moscow World Service lengkap dengan bunyi lonceng yang ditiru dari BBC, sangatlah menarik perhatian.
Di era kejayaannya, Radio Moscow mengudara ke Australia, Selandia Baru dan Pacific Selatan di 5 frekuensi melalui transmiter Asia Timur antara jam 0700 dan 0900 saat daily saving time untuk mereka yang tinggal di Greenwich, Inggris dan banyak dari qslnya yang berhasil saya koleksi. Menyusul kemudian siaran ke Afrika sebelum siaran Radio Moscow ke Inggris Raya dan Irlandia Utara menjadi satu keharusan untuk didengar di petang hari bagi pendengar siaran sw Inggris dan Eropa. Menjelang tengah malam siaran ke Amerika Utara Radio Moscow ada di 13 frekuensi dari ‘7 poin 1″ MHz ke atas melalui sederet transmitter baris depannya di Ukraina dan baris ke duanya yang berbasis di Moscow ditambah 3 lagi di Kamchatsky yang memancarkan siarannya menyeberangi Samudra Pacific ke wilayah Pantai Barat Amerika Serikat. Melihat kontennya, semua siaran Radio Moscow ada perbedaannya.
Apa yang membuat siaran mereka didengarkan adalah bahwa Voice of America dikalahkan oleh penguasa Lapangan Merah melalui sebuah kapal induk yang bersiaga di Samudra Hindia yang disebut USS Diego Garcia. Pesawat-pesawat bomber kelas berat dari pulau itu, bila diperlukan, mampu mencapai sebagian besar wilayah industri Uni Soviet, satu hal yang tidak bisa diterima oleh Moscow. Mereka menyalahkan London karena menjual pulau itu kepada AS dan untuk pemindahan paksa penduduk kepulauan. BBC World Service meyakinkan para pendengarnya bahwa penduduk Diego Garcia telah dipindahkan ke lingkungan dan kehidupan yang lebih baik. VoA tidak bisa menutupi kenyataan bahwa Diego Garcia telah dimiliterisasi dengan paksa. Sepanjang malam Diego Garcia menjadi topik utama dalam siaran Radio Moscow ke Amerika Utara, mereka memakai segala ungkapan untuk mengutuk keras tindakan AS. Itulah yang membuat siaran itu sangat bagus untuk didengarkan.Orang-orang Amerika telah menemukan pahlawan dalam persoalan yang kritis itu dan membuat mereka menangis berkepanjangan.
Anggota klub Gordon Darling waktu itu mengumpulkan informasi monitoring BBC tentang lokasi sebenarnya dari berbagai transmiter Soviet, meminta qsl dan memperolehnya, tetapi waktu itu kantor korespondensi bahasa Inggris ada di berbagai lokasi berbeda untuk beberapa frekuensi, mungkin karena informasi teknis yang tidak up to date.
Selama itu, para pendengar sw, DXer dan pemburu qsl punya satu tantangan menarik untuk menyisihkan waktunya guna mendengarkan siaran Moscow melalui sw, hari-hari yang kini telah berlalu untuk selamanya.

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s