swl 2.021

CONTACT – May 2008.
NEWS REPORT oleh Mike Barraclough.
Terjemahan bebas oleh Tony Ashar atas ijin WORLD DX CLUB.

“Cold Waves”, sebuah film dokumenter garapan Alexandru Solomon.
Film ini diputar perdana di Inggris tanggal 6 April 2008 pada Festival Film Dokumenter Internasional London di Barbican sebelum sesi tanya jawab dengan sutradara, seorang jurnalis Radio Free Europe dan kritikus film Adina Bradean disponsori oleh Institut Kebudayaan Romania; sebuah pertunjukan yang ingin sekali saya saksikan namun sayang tidak saya ketahui sebelumnya. Solomon adalah seorang pakar pembuat film Romania, dalam siaran pers dikatakan:

“Cold Waves adalah cerita unik bagian dari Eropa, di mana tak satupun bisa bebas bergerak kecuali gelombang radio subversif. Dan itu adalah Radio Free Europe yang mengubah pikiran dan kehidupan beberapa generasi.
Saya hidup bersamanya – kata Alexandru Solomon, sang sutradara. Setiap sore, dalam atmosfir underground, maka seperti yang dilakukan oleh tiap orang, ayah sayapun mendengarkan Radio Free Europe. Sementara propaganda Ceausescu semakin jauh dari kenyataan, seksi bahasa Romania Radio Free Europe menyajikan selain berita, juga secercah harapan. Dalam ribuan rumah dan blok di seluruh negeri, jutaan orang melakukan rutinitas harian tersebut. Dan esoknya, sajian Radio Free Europe menjadi bahan pembicaraan setiap orang.
Sementara penduduk Romania hidup dalam ketakutan, para pemimpin Romania merasa gentar menghadapi Radio Free Europe. Diktator Ceausescu menyewa Carlos the Jackal, seorang teroris internasional. Mereka menaruh bom di markas RFE di Munich, menyerang para editor di Jerman dan Prancis, tiga orang dari pimpinan meninggal setelah disinar X. Cold Waves menceritakan episode yang belum pernah diketahui dari tahap akhir Perang Dingin. Film itupun menampilkan tokoh-tokoh yang selama ini tak dikenal, yaitu: para pendenar, personil RFE, rejim penguasa dan para pembunuhnya. Cold Waves melengkapinya dengan gambar-gambar yang hanya terdengar suaranya saja.”

Sebuah film yang patut dilihat dalam festival film. Ada trailer film itu sepanjang satu menit di Youtube. Cari “Cold Waves” – jangan lupa tanda “-nya – dengan bantuan search engine, yang berakhir dengan sebuah tayangan di mana polisi rahasia memasuki rumah seorang pendengar dan menghancurkan radio dengan peluru-peluru senapannya.
Iulia dari Romania mereview film itu sangat positif di blog onlinenya, http://iulia-rosca.blogspot.com dan telah mempost pada entrinya tanggal 20 Januari, foto sebuah radio yang biasa dipakai oleh sang ayah untuk mendengarkan RFE.

Situs film tersebut di www.coldwaves.ro

Iklan

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s