swl 2.025

CONTACT – December 2010
News Report oleh Mike Barraclough
Terjemahan bebas oleh Tony Ashar dengan ijin World DX Club.

Komentar Joe Buch, Florida di DX Listening Digest
tentang artikel mengenai Sputnik 1 [ swl 2.019 19 Desember 2010 ].

“Ada satu kekeliruan mengenai konfigurasinya. Satelit itu bentuknya membulat dan tidak memiliki “poros memanjang”. Saya hanya menduga tetapi saya pikir keempat cambangnya membentuk 2 centrefed dipole yang menjadikan sudut 90 derajat untuk menghasilkan polarisasi putaran di depan guna menghindari fading karena orientasi satelit dan Rotasi Faraday akan menyebabkan sangat menurunnya polarisasi sinyal secara linier.

Ada sebuah newsreel Russia yang memperlihatkan pusat kontrol, (persis seperti dalam serial Flash Gordon), satelit dan konfigurasi antenanya di http://bit.ly/abf6d2

Di akhir minggu itu saya adalah mahasiswa di Purdue University. Tanggal 4 Oktober 1957 adalah hari Jum’at. Saya juga merekam sinyal itu pada saat melintas di atas kepala pada hari Minggu sore di stasiun klub radio amatir di beranda pemukiman kami, W9CLY. Receivernya yang sudah tua (apalagi sekarang), adalah NC-240 buatan National Radio. Stasiun radio AM 5 kW kami, WBAA (920 kHz), tidak menyiarkan berita pada hari Minggu tetapi hari Senin pagi saya menghubungi Johnny DeCamp, direktur pemberitaannya, yang kemudian mengantarkan saya membawa rekaman itu ke studio. Ia mengudarakannya dalam siaran berita setempat siang hari.

Selain awal dari era perlombaan di angkasa luar, peristiwa itupun merupakan awal dari 35 tahun karir saya di bidang industri penerbangan ruang angkasa. Dua buah wahana angkasa luar hasil kerja saya masih tetap bertengger di bulan sana. Obyek yang sangat menarik.”

About Ashar

grandfather, husband, brother, father, father in law

Tinggalkan Balasan

